Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Pas Foto Di Photoshop Lengkap Dari Awal

Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal dengan begitu Anda yang belum sanggup dan ingin membuatnya sanggup menyimak artikel ini. Sesuai yang saya sebutkan pada tutorial menciptakan pas foto disini saya memakai pemberian aplikasi Adobe Photoshop, software pengedit foto ini merupakan aplikasi terkenal dan dianggap produk terbaik yang pernah dirilis Adobe System.

Kita kembali ke pembahasan pas foto, biasanya pas foto yang paling banyak dibutuhkan terdiri dari ukuran 4×6, 3×4 dan 2×3 centimeter dengan background sesuai kebutuhan yang biasanya berwarna merah atau biru. Pas foto dibutuhkan oleh seorang yang masih duduk di dingklik smp, sma, kuliah maupun orang yang sedang mencari pekerjaan sebab pas foto merupakan salah satu persyaratan untuk melamar pekerjaan.

Dalam menciptakan pas foto di photoshop yang akan saya jelaskan ini akan menciptakan dalam ukuran 4×6 sebab ukuran tersebutlah yang biasanya paling banyak dibutuhkan, sementara untuk ukuran lain yang lebih kecil sanggup lebih gampang untuk mengubah ukurannya dan foto tidak akan menjadi pecah sebab mengubah ke ukuran yang lebih kecil. Namun sebelum masuk ke klarifikasi tutorial sebelumnya Anda harus mengetahui ukuran yang bekerjsama dalam pas foto berdasarkan standar Indonesia.

Ukuran Pas Foto Standar Indonesia

Sebenarnya ukuran pas foto tidak 4x6, 3x4 maupun 2x3 cm tidak benar-benar segitu ukurannya melainkan terdapat berbeda beberapa milimeter dari ukuran standar. Ukuran pas foto standar Indonesia sendiri yaitu menyerupai berikut.

  1. Pas foto 2×3 = 2,2 cm x 3,0 cm
  2. Pas foto 3×4 = 2,8 cm x 3,8 cm
  3. Pas foto 4×6 = 3,8 cm x 5,6 cm
  4. Pas foto 6×9 = 5,6 cm x 8,9 cm

Itulah ukuran yang sebanarnya pada pas foto, tidak menyerupai yang Anda bayangkan sebelumnya bukan. Sama halnya saya pada awanya ukuran pas foto 4x6 berarti berukuran 4 cm x 6 cm namun ternyata tidak dan yang saya tuliskan diataslah yang benar. Hal ini sendiri saya dapatkan dari artikel yang pernah saya baca sebelumnya.

Persiapan Dalam Membuat Pas Foto

Setelah Anda mengetahui ukuran pas foto yang bekerjsama dalam standar Indonesia, sebelum masuk kedalam tutorial membuatnya terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan yang memang merupakan alat/bahan yang dibutuhkan dalam menciptakan pas foto. Berikutlah yang Anda butuhkan dalam menciptakan pas foto pada tutorial yang akan saya jelaskan.

1. Kamera/Handphone

Ini merupakan yang pertama yang dibutuhkan sebelum Anda menciptakan pas foto yaitu Kamera yang berfungsi untuk mendapat foto mentah sebelum dibuatnya pas foto. Dalam hal ini disarankan memakai kamera yang bermerek dan memiliki resolusi tinggi dan hasil yang bagus, Anda juga sanggup memakai Kamera Handphone untuk mengambil foto mentah asalkan tidak buram dan atur dalam kualitas yang bagus.

2. Laptop/PC

Hal kedua yang dibutuhkan yaitu Laptop ataupun Personal Computer (PC) yang merupakan alat yang akan digunakan untuk menciptakan pas foto, dalam hal ini apabila Anda tidak punya lebih baik meminjamnya kepada keluarga atau teman untuk lebih menghemat biaya daripada harus menyewa di warnet.

3. Adobe Photoshop

Pastikan bahwa PC/Laptop yang Anda gunakan terdapat aplikasi pengedit foto Adobe Photoshop, sudah terang sebab melalui pemberian aplikasi inilah kita akan menciptakan pas foto sesuai yang akan dijelaskan pada tutorial. Anda sanggup mendapat aplikasi di website resmi Adobe System atau Anda sanggup mendapatkannya di website penyedia software.

Ketiga hal yang saya sebutkan diatas merupakan yang wajib Anda persiapkan sebelum menciptakan pas foto di photoshop, sebab itu merupakan alat/bahan yang memang dibutuhkan dalam menciptakan pas foto.

Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

Cara Membuat Pas Foto di Photoshop

Setelah terdapat beberapa hal yang dibutuhkan, maka kita sudah sanggup masuk kedalam pembahasan tutorial cara menciptakan pas foto di photoshop. Dalam tutorial yang akan saya jelaskan dalam menciptakan pas foto akan dibentuk menjadi beberapa tahap kepingan yang berurutan sehingga mempermudah pemahaman Anda dalam mengikuti tahap-tahapan tutorialnya. Baik eksklusif saja simak berikut ini tahap-tahap dan langkah-langkah dalam menciptakan pas foto di photoshop.

#0. Memotret Dengan Kamera/Handphone

Sebelum masuk kedalam tahapan menciptakan pas foto, terlebih dahulu Anda harus memiliki foto mentah yang akan dibentuk pas foto. Maka dari itu Anda harus memotret diri sendiri dengan pemberian adik, teman atau keluarga dengan memakai Kamera maupun kamera pada ponsel. Foto mentah yang dibutuhkan harus setengah tubuh keatas atau dari dada keatas untuk lebih bagusnya, lagi layaknya pas foto. Apabila Anda sudah punya akan foto mentahnya maka lewati tahap ini dan eksklusif ke tahap berikutnya.

#1. Buka File Foto Mentah di Photoshop

Pertama yang harus dilakukan setelah memiliki file mentah untuk pas foto yaitu membukanya di photoshop sebab di aplikasi pengedit foto inilah kita akan menciptakan pas foto. Untuk langkah-langkah membukanya Anda sanggup mengikuti klarifikasi berikut ini.

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop telsebih dahulu pada PC/Laptop.
  • Setelah pada tampilan photoshop, untuk membuka file foto mentah Anda klik pada "File > Open" atau sanggup dengan menekan "Ctrl+O" pada keyboard untuk cara pintasnya.
  • Kemudian cari berkas file pada drive dan folder dimana Anda menyimpannya.
  • Apabila sudah ditemukan, klik pada file foto kemudian klik "Open" maka file akan terbuka di photoshop.

Setelah file foto mentah terbuka di photoshop maka waktunya mengedit foto tersebut untuk dibentuk pas foto, baca tahapan selanjutnya yang harus dilakukan.

#2. Menghilangkan Background / Memotong Objek Pada Foto

Tahap yang selanjutnya Anda lakukan untuk menciptakan pas foto di photoshop terdapat dua pilihan yaitu antara menghilangkan background pada foto kemudian menambahkan warna gres pada background, namun hal ini tidak saya sarankan sebab untuk karenanya kurang maksimal dan pilihan yang kedua yaitu memotong objek pada foto kemudian menciptakan file gres untuk pas foto dan inilah yang paling anggun untuk dilakukan.

1. Menghilangkan Background Pada Foto
Supaya semuanya langkahnya berurutuan, maka terlebih dahulu saya akan membahas cara menghilangkan background pada foto yang mingkin ini sudah biasa dilakukan apabila seseorang ingin memiliki objek fotonya saja dan menambahkan warna background lain ke foto tersebut. Untuk caranya Anda sanggup mengikuti langkah-langkah dibawah.

  • Select pada Foto di Layers Photoshop biasanya berupa Background.
  • Setelah itu Klik Kanan pada "Selection Tools" dan pilih Quick Selection Tool.
  • Kemudian Anda sesuaikan pengaturan tool menyerupai ukuran kuas, minus selection atau plus selection untuk menSelection background pada foto.

  • Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

  • Lalu lakukan Selection pada Background foto dengan mempergunakan minus dan plus selection tadi hingga semua background terpilih dengan rapi.
  • Tekan Delete pada keyboard untuk menghapus atau menghilangkan background tersebut dan selesai.

Baca juga "Cara Menghilangkan Background Foto di Photoshop"

Setelah background terhapus, untuk menciptakan pas foto Anda sanggup eksklusif menambahkan warna background dengan menentukan warna dan memperlihatkan warna pada background memakai Paint Bucket Tool, namun pastikan bahwa foto tersebut sudah sesuai dengan ukuran pas foto yang akan dibuat. Inilah alasan saya tidak menyarankan hal ini sebab apabila foto mentah tidak sesuai dengan pas foto maka karenanya juga tidak akan menyerupai pas foto dan tidak rapi menyerupai yang saya bilang sebelumnya.

2. Memotong Objek Pada Foto
Hal kedua inilah yang saya sarankan sebab selain karenanya anggun dengan melaksanakan langkah ini Anda sanggup menyesuaikan sendiri ukuran pas foto sebab menciptakan file gres dan menambahkan objek foto Anda bukan dari file mentah. Untuk caranya sama halnya dengan menghilangkan yaitu kita mempergunakan Selection Tool, namun bukan background yang dipilih melainkan objek foto itu sendiri atau lebih mudahnya Anda sanggup meneruskan langkah diatas dan eksklusif mengikuti langkah berikut.

  • Apabila Anda sudah mengikuti langkah diatas yaitu menSelection background maka Anda sanggup menekan "Shift+Ctrl+I" pada keyboard yang berfungsi untuk membalikan keadaan Selection sehingga yang terpilih yaitu objek foto Anda.

  • Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

  • Setelah objek foto sudah di selection maka sudah final dan Anda sanggup memotong objek tersebut dengan menekan "Ctrl+X" atau menyalinnya saja dengan menekan "Ctrl+C" pada keyboard.

Begitulah cara memotong objek pada foto dan cara mengilangkah background pada foto, kedua hal tersebut sanggup saling berafiliasi sebab keduanya merupakan sama-sama memotong namun yang satu yaitu memotong background supaya menghilang dan satunya lagi memotong objek pada foto.

Baca juga "Cara Memotong / Crop Objek Foto di Photoshop"

#3. Membuat File Gambar Baru dan Menempelkan Objek Foto

Setelah melaksanakan tahap-tahap diatas maka tahap selanjutnya yaitu menciptakan file gambar gres dengan background warna untuk pas foto yang akan kemudian menempelkan objek foto yang sudah Anda salin/potong pada tahap sebelumnya. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

  • Pertama untuk menciptakan file gres yaitu dengan cara klik pada "File > New".
  • Maka akan muncul pengaturan file gres yang akan dibuat, sebab kita disini akan mencoba menciptakan pas foto ukuran 4x6 maka untuk ukurannya yaitu 3,8 cm lebar dan 5,6 cm tinggi sementara untuk pengaturan berkas lainnya ikuti tutorial ini.
  • Setelah file gambar berhasil dibuat, berikan warna untuk background pas foto. Pilih warna sesuai yang dibutuhkan pada teladan saya menentukan warna biru untuk background. Klik pada "Set foreground color" kemudian pilih warna biru setelah itu OK.

  • Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

  • Lalu klik pada "Paint Bucket Tool" yang biasanya satu opsi dengan Gradient Tool, kemudian arahkan tool pada background foto dan tekan Klik untuk memperlihatkan warna pada background foto tersebut.
  • Kedua yaitu menempelkan objek foto yang sebelumnya sudah disalin/potong, Anda tinggal menekan "Ctrl+V" pada keyboard maka objek akan tersalin ke foto gres tersebut.
  • Sesuaikan ukuran objek sehingga sesuai dengan background foto tersebut dan terlihat menyerupai pas foto pada umumnya, selesai.

Setelah foto yang gres dibentuk sudah sesuai menyerupai pas foto pada umumnya, maka Anda sudah sanggup eksklusif menyimpan file dalam mentah maupun file gambar jadi. Namun apabila ingin memperlihatkan dampak lainnya menyerupai mencerahkan objek gambar menyerupai wajah ataupun kulit maka Anda harus mengeditnya sedikit lagi atau teruskan membaca artikel ini hingga selesai.

#4. Mencerahkan Objek Wajah Pada Pas Foto

Supaya foto Anda pada pas foto tidak terlihat kusam ataupun gelap maka sebaiknya memperlihatkan dampak cerah pada wajah itu sendiri atau pada semua objek fotonya saja (background tidak). Untuk mencerahkan objek foto menyerupai wajah dan hal lainnya Anda sanggup mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Pilih Dodge Tool yang biasanya bersama dengan 2 tool lainnya yaitu Burn Tool dan Sponge Tool, sebab dodge tool inilah yang sanggup memperlihatkan dampak cerah pada foto/gambar di photoshop.
  • Setelah itu sesuaikan ukuran kuas supaya tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil untuk digunakan memperlihatkan dampak pada objek tertentu di pas foto.

  • Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

  • Maka setelah mengaturnya Anda sanggup eksklusif memekai tool ini dengan cara klik dengan ditahan dan seret pada objek yang ingin dicerahkan di pas foto. Jangan melepaskan klik pada mouse sebab apabila dilepaskan dan di tekan kembali maka pencerahan akan terlihas 2 lapisan yang berbeda.
  • Lakukan penahanan klik pada setiap objek yang ingin dicerahkan, Anda juga sanggup memperlihatkan dampak cerah dengan 2 lapisan pencerahan namun sesuaikan dengan karenanya supaya terlihat anggun den masih normal (untuk dilihat).

Begitulah cara memperlihatkan dampak cerah atau mencerahkan objek pada foto, dengan begitu foto tidak akan terlihat kusam dan gelap. Lakukan pencerahan sewajarnya untuk tetap menjaga hasil dari foto yang akan disimpan.

Baca juga "Cara Mencerahkan / Memutihkan Wajah di Photoshop"

#5. Menyimpan Hasil Pas Foto di Photoshop

Setelah final dalam pembuatan pas foto di photoshop maka waktunya untuk menyimpan dari hasil yang sudah dibentuk sendiri dengan hanya pemberian pengetahuan yang didapat dari artikel. Dalam tahap ini disarankan untuk menyimpan dalam format mentah photoshop (psd) dan dalam hasil gambar jadi menyerupai png, jpg dan file format gambar lainnya. Untuk cara menyimpannya Anda sanggup mengikuti tahap-tahap berikut.

  • Setelah pas foto selesai, Anda klik pada "File > Save/Save As" untuk menyimpan hasil foto tersebut.
  • Berikan nama file dan pilih format untuk file tersebut, contohnya untuk file mentah photoshop maka Anda pilih format .PSD.

  • Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

  • Kemudian klik Save untuk memperlihatkan perintah simpan dan file akan tersimpan di drive dimana Anda menyimpannya.
  • Lakukan kembali langkah diatas untuk menciptakan file jadi namun pada pemilihan format file, Anda pilih .PNG atau .JPG untuk menyimpan file dalam bentuk foto jadi.

Maka Anda sudah memiliki dua file pas foto yaitu dalam bentuk mentah photoshop supaya sanggup diedit kembali di kemudian hari dan dalam bentuk file jadi untuk dicetak di pencetakan foto.

Tambahan

Terdapat beberapa embel-embel dalam artikel yang saya buat supaya lebih lengkap menyerupai judulnya yaitu beberapa hal berikut yang memang berafiliasi dan pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh Anda dalam menciptakan pas foto sendiri.

A. Mencetak Pas Foto Sendiri

Setelah menciptakan pas foto sendiri maka Anda juga sanggup mencetaknya sendiri dirumah tanpa harus ke pencetakan foto atau studio foto. Namun dalam melaksanakan hal ini maka terdapat beberapa yang harus Anda persiapkan contohnya alat dan materi berikut.

  1. Printer
  2. Dalam mencetak foto dirumah sendiri maka sudah tentu Anda membutuhkan suatu pencetak atau lebih dikenal dengan printer (Bahasa Inggris), apabila tidak memiliki alat ini maka Anda tidak sanggup mencetak pas foto dirumah.

  3. Kertas Foto
  4. Mencetak foto tidak hanya membutuhkan printer (alat) melainkan Anda juga membutuhkan kertas foto (bahan) yang akan digunakan untuk mencetak foto tersebut. Anda sanggup membeli kertas foto di toko alat tulis kantor (ATK) atau toko buku maupun di tukang foto copy.


B. Mengubah Pas Foto ke Ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6

Untuk Anda yang akan mencetak pas foto sendiri di rumah dan memang sudah memiliki alat dan materi yang dibutuhkan menyerupai yang saya sebutkan di point sebelumnya. Maka Anda juga perlu mengubah ukuran pas foto sesuai yang dibutuhkan. Karena dalam tutorial ini pas foto sudah dalam ukuran 4x6 maka Anda hanya perlu mengubah ukurannya ke dalam 2x3 dan 3x4. Untuk mengubahnya Anda sanggup melaksanakan langkah berikut.

  • Klik pada "Image > Image Size".
  • Kemudian atur ukuran foto hanya pada Height saja sesuai ukuran standar dan biarkan untuk width menyesuaikan.

  • Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

  • Setelah itu Anda sanggup menyimpannya dengan Save As.

Namun apabila Anda tidak berniat untuk mencetak pas foto sendiri maka Anda tidak perlu melaksanakan hal ini dan eksklusif saja ke studio foto untuk mencetak dengan memperlihatkan file dengan ukuran 4x6 tersebut maka nanti juga akan di rezise oleh pegawai studio foto ke ukuran pas foto yang Anda butuhkan.

C. Mengubah Warna Background Pas Foto

Mungkin hal ini juga Anda butuhkan yaitu mengubah warna background pada pas foto, menyerupai halnya menciptakan SKCK di POLRES maka niscaya pas foto diharuskan memiliki warna background merah dan tidak menyesuaikan tahun kelahiran Anda dan biasanya menjadi patokan warna background pas foto. Hal ini lebih gampang dan rapi apabila dilakukan pada file foto mentah photoshop (psd) yang Anda simpan sebelumnya, eksklusif ikuti langkah berikut untuk melakukannya.

  • Buka kembali file foto mentah pas foto.
  • Kemudian pilih warna dengan klik pada "Set foreground color" dan pilih warna yang dibutuhkan.
  • Lalu klik pada Paint Bucket Tool untuk memperlihatkan warna pada background.

  • Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal

  • Klik pada foto untuk menumpahkan warna dan pastikan Anda Select pada background atau layer paling dasar di Layers Photoshop.
  • Maka warna background akan berubah ke warna gres tersebut dan file sudah sanggup disimpan dengan klik "File > Save As".

Begitulah cara mengubah warna background pada file mentah pas foto yang sudah dibentuk sebelumnya pada tutorial yang terdapat pada artikel ini.

Lengkap sudah tutorial dalam menciptakan pas foto di photoshop, terima kasih sudah membaca artikel "Cara Membuat Pas Foto di Photoshop Lengkap Dari Awal" ini. Bagikan artikel apabila memang dirasa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.
Sumber http://www.bloggars.com/