Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Biar Kuliah Gratis Yang Wajib Kau Coba!

 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba 6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!


6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba! - Era kini standar seorang menempuh pendidikan bukan hanya hingga tingkat SMP/SMA saja. Melainkan sudah tingkat perkuliahan. Tetapi sayangnya kuliah butuh biaya tinggi, sehingga tidak semua orang mampu. Sebenarnya ada banyak cara biar bisa kuliah gratis, lho.

Untuk bisa kuliah tanpa biaya tentunya harus bekerja keras dan memenuhi persyaratan yang ada. Seseorang yang terpilih untuk menempuh pendidikan secara cuma-cuma bisa dikatakan ialah orang-orang pilihan yang punya kelebihan daripada yang lainnya.

Banyak sekali cara supaya bisa kuliah tanpa biaya, diataranya melalui beasiswa, alasannya punya prestasi, dan lain-lain. Nah, cara-cara tersebut akan dibahas di artikel ini. Maka dari itu, simak baik-baik ulasan berikut ini ya.

Kuliah Gratis Melalui 6 Cara Berikut

Biaya kuliah yang mahal di Indonesia menciptakan hanya orang-orang tertentu sajalah yang bisa melanjutkan studinya. Dan saya mempunyai pandangan kalau pendidikan itu sangat penting. Karena keresahan itulah saya menciptakan artikel ini. 

Diharapkan dengan artikel ini teman-teman yang mempunyai kekurangan secara finansial ibarat saya tetap mempunyai semangat untuk melanjutkan pendidikan. Karena ternyata ada banyak langkah yang sanggup ditempuh untuk melanjutkan pendidikan secara cuma-cuma. 

Berikut saya sudah rangkumkan keenam caranya.

1. Mencari Beasiswa

 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba 6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!

Cara ini ialah cara yang paling banyak dilakukan oleh para calon mahasiswa. Salah satu yang harus kau butuhkan ialah rajin mencari isu perihal beasiswa.

Sering-seringlah untuk bertanya kepada teman-teman terkait dengan beasiswa. Selain itu gabunglah ke forum-forum perihal beasiswa. Misalnya lembaga beasiswa di facebook, twitter, whatsapp atau apapun. Perkaya isu diri kau perihal beasiswa.

Selain itu kau juga bisa menghubungi guru-guru kau di sekolah. Guru yang baik niscaya ingin melihat muridnya sukses bukan? Dengan  bertanya kepada guru kamu, niscaya guru kau akan mencarikan isu juga kok.  Makara kalau ada info terbaru perihal beasiswa, kamulah yang diberi isu terlebih dahulu oleh guru kamu.

Oiya biasanya kalau kampus-kampus gres sering banget tuh nawarin beasiswa dan bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Makara kau harus benar-benar rajin caari info di sekolah ya.

Selain itu untuk mencari info beasiswa sanggup kau lakukan dengan cara mendatangi pribadi ke kampus yang kau incar. Tapi sebelum kau datang, pastikan dulu kampus yang pengin kau datangi dan tentukan jurusannya. Jangan hingga kau salah pilih kampus dan salah pilih jurusan ya. Bisa-bisa nanti madesu lho. 

Supaya kau nggak salah pilih jurusan kuliah, baca dulu 8 Jurusan Kuliah yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan Dengan Gaji Besar.

Misal kau pengin kuliah di Unpad. Cobalah untuk tiba pribadi ke kampusnya. Tanyakan kepada orang-orang di kampus ada nggak beasiswa yang sanggup dimanfaatkan. Kalau ada tanyakan juga gimana caranya, apa saja persyaratannya. Selanjutnya persiapkan diri kau supaya bisa sanggup beasiswa itu.

2. Masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba 6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!

Mengingat saya ialah orang yang finasialnya kurang baik, maka saya cari perguruan tinggi yang kuliahnya gratis. Setelah mencari info dari banyak sekali referensi, kesudahannya saya nemu PTK.

PTK ialah perguruan tinggi yang mempunyai jadwal ikatan kedinasan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Orang-orang yang lulus dari sekolah ini biasanya akan diangkat menjadi PNS.

Nah, perguruan tinggi ini mempunyai kelebihan daripada perguruan tinggi lainnya. Karena pendidikannya diselenggarakan oleh pemerintah, maka rata-rata biaya kuliahnya digratiskan. Bahkan ada PTK yang memberi uang saku kepada mahasiswanya setiap bulan.

Contoh PTK ialah STMKG, STIS, STSN, STTD, dan yang paling terkenal ialah PKN STAN.

Puji Tuhan berkat saya bisa masuk PKN STAN. Kiat-kiat supaya kau bisa kuliah di STAN bisa dibaca di 6 Cara Jitu Masuk PKN STAN (based on true story).

Selama saya kuliah di STAN semua biaya pendidikannya gratis tanpa biaya. Kecuali biaya untuk makan dan tempat tinggal.

Keperluan ibarat alat tulis dan sebagainya sudah difasilitasi oleh pemerintah. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Biasanya sekolah kedinasan mempunyai standar IP yang harus dipenuhi untuk bisa terus kuliah. Di STAN, minimal IP-nya ialah 2,75. Di bawah itu maka secara otoriter akan dikeluarkan atau dropout.
Makara harus benar-benar rajin ya kalau sekolah di PTK.

3. Berprestasi di Sekolah

 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba 6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!

Masa sekolah ialah masa yang paling indah. Setuju kan?

Tapi jangan salah tafsir. Masa paling indah bukan alasannya percintaannya dan kenakalannya, tetapi alasannya dikala kita masih sekolah banyak sekali kesempatan untuk mencari prestasi. Baik itu prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Makara belajarlah dengan tekun supaya kau punya prestasi cemerlang dikala di sekolah. Tetapi kalau kau sudah tekun dan rajin berguru tetapi prestasi biasa-biasa saja, berarti ada yang salah. Bisa jadi cara berguru kau kurang efektif. Supaya berguru kau efektif maka silakan dibaca 9 Cara Belajar Efektif Ini Bikin Prestasimu Semakin Impresif.

Nah, dengan kau punya prestasi yang cemerlang maka biasanya penawaran-penawaran melanjutkan ke perguruan tinggi banyak berdatangan. Makara kau bisa pilah-pilah mana yang sesuai dengan passion kau dan kau terima usulan itu. 

Intinya ialah manfaat masa sekolah untuk menciptakan diri kau semakin bernilai. Salah satunya ialah dengan mengukir prestasi.

4. Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris di Atas Rata-Rata

 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba 6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!

Kita tahu bersama kalau bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Makara bisa dikatakan bahasa Inggris ialah bahasa wajib ketiga sehabis bahasa Indonesia dan bahasa daerah. 

Tetapi banyak sekali siswa yang belum fasih bahasa Inggris. Sehingga bisa dikatakan kalau ada orang yang fasih bahasa Inggris, maka ia ialah orang yang istimewa.

Orang-orang yang hebat bahasa inggris sering dilirik oleh pemerintah dan perusahaan swasta. Sehingga banyak sekali beasiswa kuliah gratis ke luar negeri yang tersedia.

Bisa dikatakan juga peluang kau cukup besar untuk mendapat beasiswa ini. Karena orang yang hebat bahasa Inggris kan sedikit, jadi saingannya dikit.

Buat kau yang kurang hebat bahasa inggris jangan minder. Semakin kau berguru dan berlatih, maka akan cepat fasih berbahasa inggris. Sebagai panduan cara-caranya kau bisa baca di 17 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Cepat Sukses dan Lancar.

5. Menang Lomba yang Diadakan Universitas

 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba 6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!

Cara kelima ialah dengan ikut lomba yang diadakan di kampus. Nggak hanya ikutan doang dong, tapi jadilah juara di perlombaan tersebut.

Biasanya di setiap perlombaan, yang juara niscaya sanggup sertifikat. Itu penting banget sih berdasarkan aku. Karena dengan akta itu, maka dikala kau mau daftar ke universitas tersebut setidaknya peluang kau diterima akan menjadi sangat besar.

Kampus mana sih yang nggak mau punya murid yang prestasinya sudah jelas?

Biasanya perlombaan yang diadakan kampus tuh macam-macam. Seperti lomba debat, lomba pidato, karya tulis ilmiah, film, robotik dan banyak lagi.

Penting banget deh buat kau cari-cari isu perihal lomba-lomba yang diadakan di kampus.

6. Jalur Bidik Misi

 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba 6 Cara Agar Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Coba!

Beasiswa bidik misi ialah santunan pendidikan dari pemerintah bagi calon mahasiswa kurang bisa tetapi mempunyai potensi akademik yang bagus.

Bentuk daari beasiswa ini ialah pembebasan seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi. Selain itu mahasiswa bidik misi juga mendapat uang saku setiap 6 bulan sekali.

Untuk bisa mendapat beasiswa ini tentu tidak mudah. Ada persyaratan yang wajib dipenuhi. Apa saja persyaratan tersebut dan bagaimana mekanismenya bisa kau baca di sini

Penutup

Makara pada dasarnya jangan pernah minder untuk melanjutkan sekolah. Tuntut ilmu setinggi mungkin. Kekurangan finansial bukan jadi problem alasannya ada 6 cara biar kuliah gratis di atas.

Terima kasih telah berkunjung di Rujend. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/