Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbangkan Roket Spacex Nasa Kirimkan Astronot Ke Luar Angkasa


Hala sahabat blogger kali ini saya selaku admin blog, akan berbicara isu perihal Astronomi, isu ini berkaitan dengan NASA yang akan mengirimkan astronotnya. Diawali dengan diumumkannya NASA yang akan menerbangkan roket SpaceX yang ditumpangi sembilan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Juni 2019. Ini akan menjadi peluncuran pertama pesawat berawak AS ke luar angkasa sehabis tertunda selama hampir tujuh tahun.

Mengutip AFP, sementara untuk penerbangan Boeing ke luar angkasa direncanakan dua bulan kemudian, atau Agustus 2019.

Kesembilan astronot akan menumpang pesawat luar angkasa Crew Dragon milik SpaceX dan pesawat CST-100 Starliner besutan Boeing. Kesembilan astronaut itu yakni Victor Glover, Mike Hopkins, Bob Behnken, Doug Hurley, Nicole Aunapu Mann, Chris Ferguson, Eric Boe, Josh Cassada, dan Suni Williams.

"Proses terbaru dari jadwal kami sudah ada, namun, tanggal peluncuran masih belum pasti, dan kami mengantisipasi jadwal sanggup berubah dikala mendekati waktu peluncuran," kata Phil McAlister, eksekutif Pengembangan NASA.

"Ini yakni pesawat ruang angkasa baru, dan tim teknik mempunyai banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum pesawat siap terbang."

Kabarnya, SpaceX akan melaksanakan pengetesan pada Januari 2019, dan Boeing pada Maret 2019. Diharapkan hasil dari uji terakhir ini kedua pesawat benar-benar laik terbang.

Seperti diketahui SpaceX dan Boeing merupakan dua perusahaan yang mendapatkan kontrak semenjak 2014 kemudian oleh NASA untuk menerbangkan kembali para astronaut.

SpaceX dan Boeing mendapatkan kontrak masing-masing senilai US$2,6 miliar dan US$4,2 miliar untuk menyebarkan wahana antariksa untuk mengangkut astronot dari dan ke stasiun luar angkasa (ISS).

Selama jadwal ditangguhkan NASA harus bergantung pada Rusia untuk mengirim astronot ke luar angkasa sampai 'menghidupi' laboratorium penelitian senilai US$100 miliar. NASA menyebut penundaan misi selama berkali-kali karena kurangnya keamanan dan duduk kasus akuntabilitas dalam jadwal awak komersialnya.

Dengan diumumkannya isu ini kita berharap, terlancarnya aktivitas NASA tersebut. Dengan begitu kita sanggup memahami lebih dalam perihal dunia antariksa. Sekian, supaya bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa komen dan share ya.