Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengejar Ketinggalan Pelajaran Semoga Tetap Mendapat Nilai Yang Bagus

Cara mengejar ketinggalan pelajaran - Sehari tidak berangkat sekolah, maka kita sudah melewati banyak sekali pelajaran penting. Tapi ada pula yang setiap hari berangkat sekolah, tidak pernah mangkir tapi merasa tidak tahu dengan pelajaran yang didapatnya sehari-hari. Dan berikut ini kami sajikan Cara Mengejar Ketertinggalan Pelajaran bagi Kamu yang mencicipi kedua hal itu … atau!

Kamu merasa guru yang mengajar kurang ngena ajarannya. Hingga Kamu tidak paham dengan apa yang diterangkan. Dan banyak sekali alasan lain yang menciptakan kau tertinggal.

Mana lagi ujian tinggal menghitung hari. Segala persiapan masih nol. Namun orang renta di rumah menyuruh kita mendapat nilai bagus.

Apakah bisa?

Rasanya ibarat mustahil. Mana sanggup kita mendapat nilai cantik di pelajaran yang tidak kita ketahui.

Tapi itu sanggup diatasi alasannya berikut yakni cara-cara mengatasi ketertinggalan berguru kamu.
 maka kita sudah melewati banyak sekali pelajaran penting Cara Mengejar Ketinggalan Pelajaran Supaya Tetap Mendapatkan Nilai yang Bagus

Cara Mengejar Ketinggalan Pelajaran Supaya Tetap Mendapatkan Nilai yang Bagus

1.Belajar Menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS)

Banyak pelajar yang melaksanakan cara ini. Ia berguru hanya di malam sebelum pagi ulangan. Katanya bia menciptakan nilai kita menjadi bagus.

Itu bukanlah mitos, alasannya faktanya memang begitu.

Saolanya di ketika kita berguru di malam sebelum ulangan, di mana hanya ‘malam itu waktu kita belajar’, maka akan muncul adrenalin dalam otak kita yang menciptakan kau atau saya lebih gampang paham dengan bahan pelajaran.

Sistem kebut semalam juga menjadi pilihan yang sempurna untuk kau yang merasa tertinggal pelajarannya. Karena dengan mengejar ketertinggalan hanya dalam satu malam, itu menciptakan adrenalin terpacu, hingga kesempatan kau mengejar lebih besar.

Begitukah?

2. Mempelajari Soal yang diprediksi Akan Keluar

Bahasa mudahnya itu hanya berguru pelajaran yang dianggap keluar. Mungkin cara ini cocok dilakukan oleh kau yang duduk di dingklik kelas 12. Saat sebentar lagi ujian, tidak mungkin kan kita mempelajari semua bahan dari kelas satu hingga tiga.

Untuk itu kita hanya perlu mempelajari bahan yang diprediksi akan muncul.

Cara ini sanggup kau praktekkan untuk soal-soal hitungan. Mengingat biasanya soal hitungan tak akan jauh-jauh soalnya dengan contoh. Paling yang berubah hanya angka. Sementara rumus tetap sama.

3. Mencari Kisi-Kisi Ulangan

Kalau yang ini cara kita mempersingkat waktu berguru untuk mapel bukan hitungan. Kamu sanggup mencarinya di internet atau meminta kepada guru kalian.

Dengan begitu, waktu yang mepet sanggup kau kejar dengan gampang dengan ketertinggalan pelajaran kamu. 
Pelajaran sudah kita kuasai, nilai pun tentu saja balasannya bagus.

TAPI!!!!

Apakah itu cara berguru yang baik?

Percaya atau tidak, alasannya kebiasaan berguru ibarat itu, seorang profesor berkomentar kalau Indonesia itu negara yang mempunyai ketertinggalan pelajaran selama 128 tahun.

128 tahun itu ada berapa hari? Banyak sekali. Kenapa kita sanggup dianggap demikian?
Ya itu tadi, cara berguru kita yang hanya ingin nilai bagus, tanpa memedulikan ‘berhasilkah’ kita menyerap pengetahuan tersebut.

Contoh saja cara SKS ibarat yang tersebut di atas. Cara itu memang efektif untuk menciptakan kita mendapat nilai bagus. Cara tersebut juga menciptakan saya dan kau lebih gampang dalam mengingat.

Tapi apa kalian pikir ingatan itu akan berjangka lama? Tentu tidak.

Belajar cepat, memang menciptakan kita tahu dengan cepat. Tapi ibarat kecepatannya itu, kita juga menjadi cepat lupa.

Kemudian berguru dengan hanya latihan soal juga sama tidak baik. Dengan hanya latihan soal, kita tidak sanggup berguru ke tingkatan lebih tinggi.

Seperti contoh, yang ada di soal yakni pertanyaan ‘Kenapa besi itu keras?’

Yang kau pelajari hanya kenapa besi itu keras. Tidak ada pengetahuan apakah besi itu masuk ke dalam golongan konduktor atau isolator? Apakah besi sanggup mencair? Bisakah besi hancur? Apa reaksi besi ketika bertemu asam dan lain sebagianya.

Banyak pelajaran yang kalian langkahi. Sungguh disayangkan.

Lalu bagaimana Cara Mengatasi Ketertinggalan Pelajaran yang benar?

Di atas yakni cara instan yang tidak baik untuk nasib hidup kita di masa depan. Sementara cara di bawah ini, bukan cara instan tapi ia akan selalu mempunyai kegunaan kapanpun waktunya kita membutuhkannya.

1. Kuasai Pelajaran Sebesar 90% Sebelum Pindah Ke Pelajaran Lain

Banyak yang melewati cara ini. Mereka terus berguru meski dasarnya belum paham. Sebelum melaju ke pembahasan berikutnya, pastikan Kamu paham. Kalau tidak paham, maka pahamkan diri kau hingga benar-benar paham.

2. Belajar Sedikit-Sedikit Setiap Hari

Berbanding terbalik dengan sistem kebut semalam yang hanya membutuhkan waktu satu malam saja. Dan SKS pun yang dipelajari eksklusif seabreg.

Santai saja. Yang penting setiap hari kau belajar. Besar kecilnya pelajaran yang kau santap, itu tidak penting. Yang penting kalian dan otak sanggup mencerna pelajaran dengan lembut.
Pengetahuan itu ibarat pohon. Ada akar, batang, daun, dan buah. Kalau ingin memperoleh buah yang enak, maka kita memerlukan proses dari akar, batang, hingga daun. Tidak sanggup jikalau kau memaksa buah keluar begitu saja tanpa proses.

Ingat kawan, sekolah itu tidak untuk mencari nilai. Sekolah itu mencari ilmu pengetahuan.

Tapi salah Sekolah juga sih, kenapa di sekolah harus segala ada rangking? Kenapa harus ada daftar nilai? Kenapa siswa dengan nilai baik yang diperlakukan baik?

Apapun itu, ubah pola pikir kau mulai dari sekarang. Pilihan ada di tangan kamu. Mau Cara Mengatasi Ketertinggalan Pelajaran dengan cara instan atau usang tapi abadi?

Penutup

Kaprikornus kesimpulannya yakni sekolah itu kawasan mencari ilmu bukan untuk mencari nilai. Sehingga lebih baiknya kau berguru jauh-jauh hari sehingga tidak tertinggal dalam pelajaran. Jika kau merasa ketinggalam pelajaran, maka sanggup praktikan cara-cara di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, dan jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya ya. Terima kasih. 

Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/