Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengambil Screenshot Di Iphone Kau (Dan Iphone X Juga!)

Siapa pun mungkin perlu mengambil screenshot layar iPhone mereka. Objek capture-nya sanggup berupa apa saja: momen lucu dalam game, halaman dari aplikasi resep masakan, file dokumen, dll. Untungnya, fitur jepretan layar telah tersedia secara default di smartphone zaman sekarang. Dalam artikel singkat ini kami akan membuktikan cara mengambil screenshot di iPhone.

Di iOS, menyerupai pada sistem operasi mobile terkenal lainnya, untuk mengambil screenshot layar, kau tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Fitur ini telah tersedia di iOS secara default dan berfungsi sama pada semua model iPhone (termasuk iPhone X dan XS), iPad, dan iPod Touch.

Cara Mengambil Screenshot di iPhone atau iPad

Untuk capture gambar layar iPhone kamu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi/file yang ingin kau ambil screenshot dan masuk ke layar yang sempurna yang ingin kau ambil.
  2. Temukan tombol Home dibagian tengah perangkat dan tombol on/off di sisi kanan pada model iPhone 6 keatas. Pada semua model sebelumnya dari iPhone, iPod Touch dan iPad, ada di penggalan kanan atas.
  3. Tekan kedua tombol pada ketika bersamaan. 


  4. Saat kau menekan tombol dengan benar, layar akan berkedip putih dan ponsel akan mengeluarkan bunyi bunyi rana kamera. Ini tandanya kau telah berhasil mengambil screenshot.


Cara Mengambil Screenshot di iPhone X, XS, XS Max, dan XR

Pada iPhone X dan model yang lebih gres menyerupai XS dan XR, proses mengambil screenshot layar benar-benar berbeda. Lantaran Apple menghapus tombol Home dari iPhone ini sepenuhnya. Namun jangan khawatir: prosesnya masih gampang kalau kau mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke konten layar yang ingin kau ambil screenshot layarnya.
  2. Tekan tombol Side (sebelumnya dikenal sebagai tombol sleep/wake) dan tombol volume naik secara bersamaan.


  3. Layar akan berkedip dan bunyi noise kamera akan berbunyi, yang mengatakan bahwa kau telah mengambil screenshot.
  4. Thumbnail kecil screenshot juga muncul di sudut kiri bawah kalau kau ingin mengeditnya. Jika kau ingin melakukannya, ketuk. Jika tidak, geser ke tepi kiri layar untuk menutupnya (itu disimpan dengan baik).


Mengambil Screenshot pada iPhone 7 dan Seri 8

Mengambil screenshot pada seri iPhone 7 dan seri iPhone 8 sedikit lebih rumit daripada model sebelumnya. Itu sebab tombol Home pada perangkat tersebut sedikit berbeda dan lebih sensitif. Itu menciptakan waktu menekan tombol agak berbeda.

Kamu sanggup mengikuti langkah-langkah dari penggalan pertama di atas, tetapi pada langkah 3 cobalah menekan kedua tombol pada waktu yang sama dan kau niscaya akan berhasil.

Menemukan Hasil Screenshot Kamu

Setelah kau mengambil screenshot layar, kau mungkin ingin melaksanakan sesuatu dengannya (mungkin membagikannya), tetapi untuk melaksanakan itu, kau harus tahu di mana tempatnya. Screenshot disimpan ke aplikasi Photos bawaan perangkat kamu.

Untuk melihat hasil screenshot kamu:

  1. Buka aplikasi Photos.
  2. Di Photos, pastikan kau berada di layar Albums. Jika kau tidak ada di sana, ketuk ikon Albums di kafetaria bawah.
  3. Screenshot kau sanggup ditemukan di dua tempat: album Camera Roll di penggalan atas daftar atau, kalau kau menggulir sampai ke bawah, ketuk Screenshots untuk melihat koleksi setiap screenshot yang kau ambil.


Cara Berbagi Screenshot Kamu

Sekarang sesudah kau mempunyai gambar screenshot layar yang disimpan di aplikasi Photos, kau sanggup melaksanakan hal yang sama dengannya menyerupai foto lainnya. Itu artinya kau sanggup gambar tersebut via SMS, mengirim email, atau mempostingnya di media sosial. Kamu juga sanggup menyinkronkannya ke komputer kau atau menghapusnya. Untuk membagikan tangkapan layar:

  1. Buka aplikasi Photos.
  2. Temukan screenshot di album Camera Roll atau album Screenshots. Kemudian ketuk.
  3. Ketuk tombol membuatkan di sudut kiri bawah (kotak dengan panah yang keluar)
  4. Pilih aplikasi yang ingin kau gunakan untuk share screenshot.
  5. Aplikasi yang kau pilih akan terbuka dan kau sanggup menuntaskan membuatkan ssesuai dengan cara yang berfungsi untuk aplikasi itu.


Aplikasi Screenshot untuk iPhone

Jika kau suka mengambil screenshot, tetapi kau menginginkan sesuatu yang sedikit lebih powerful dan kaya fitur, periksa aplikasi screenshot ini:

  • Awesome Screenshot for Safari: Gratis - Aplikasi ini hanya berfungsi di browser web Safari, namun memungkinkan kau memberi anotasi dan membuatkan screenshot. Unduh di App Store
  • Screenshot - Frame Maker: Gratis, dengan pembelian dalam aplikasi - Aplikasi ini membingkai screenshot kau sehingga terlihat ditampilkan di layar iPhone atau iPad. Unduh di App Store
  • Screenshot++: Rp 59ribu - Alat canggih untuk mengatur dan menemukan screenshot. Beri tag pada screenshot dan simpan ke favorit, cari mereka dan dapatkan statistik sekilas mengenai screenshot kamu. Unduh di App Store