Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Blue Screen Death?

Pengertian Blue screen of Death



Hi sobat,Pada kesempatan kali ini admin mau membahas wacana "Blue Screen of Death",ya kejadian ini merupakan kejadian yang sangat mengesalkan dan menjengkelkan bagi semua orang yang mempunyai komputer atau personal computer (PC).


Sobat sudah tahu Blue Screen of Death apa aja saja yang sering terjadi?,dan apakah sahabat ingin tau wacana pengertian Blue Screen?,oke eksklusif simak aja ya sobat.

Blue Screen Death


Apa itu Blue Screen of Death?,Blue screen of Death merupakan kejadian dimana ada salah satu hardware komputer(personal computer),yang rusak atau tidak bekerja dengan semestinya.Hardware tesebut mengalami kerusakan atau mungkin saja sudah waktunya untuk mengganti hardware tersebut dengan hardware yang baru.Blue screen memperingatkan juga bahwa ada hardware yang semestinya harus diganti atau diperbaiki oleh pengguna komputer biar bisa mengoperasikan komputer dengan baik atau mengoperasikan komputer dengan normal(biasanya).

Blue Screen of Death juga akan memberitahu hardware apa saja yang mengalami kerusakan atau ketidak berfungsinya sebuah Hardware dengan memunculkan layar biru disertai dengan kode-kode yang perlu diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.Kode-kode itu sanggup berupa angka,dan huruf.Maka daripada itu sebaiknya pengguna komputer harus menghafal atau mengetahui aba-aba tersebut,agar nantinya sanggup menuntaskan permasalahan yang terjadi.


Blue Screen of Death terjadi dikala sedang menghidupkan sebuah komputer,dan akan memunculkan sebuah layar disertai dengan goresan pena dan ditambah dengan kode-kode hardware.

Kemungkinan besar hardware tersebut(yang dianggap rusak oleh sistem komputer) mengalami kerusakan alami,artinya sudah sepatutnya untuk diganti dengan yang gres atau diperbaiki(jika sahabat bisa memperbaikinya).Atau bisa juga terjadi kerusakan pada hardware tersebut alasannya ialah perbuatan si pengguna komputer itu.


Hardware atau perangkat keras yang dianggap rusak oleh sistem komputer bisa juga rusak alasannya ialah terlalu sering dipekerjakan atau terlalui melampaui batas pemakaian.dan hardware tersebut bisa juga rusak alasannya ialah kurangnya perhatian si pengguna komputer untuk melihat atau mengecek hardware tersebut apakah rusak atau tidak.

Blue screen of Death terjadi dikala sedang menghidupkan sebuah komputer dan secara tiba-tiba Komputer (personal computer) tidak bisa dioperasikan.Melakukan restart saja tidak bisa,dan si pengguna komputer terpaksa untuk mematikan komputer secara kasar(sering terjadi dikala sedang mengalami blue Screen Death).Ketika itu komputer mengalami mati sebelum dioperasikan dengan normal.


Ada beberapa blue Screen of Death yang kadangkala terjadi di dunia ini.Apa saja blue Screen Death tersebut? Berikut beberapa jenis blue Screen Death yang terjadi di dunia ini.

1.NTFS_FILE SYSTEM_ atau FAT_FILE_SYSTEM (0x00000024) atau (0x00000023).


Kode ini merupakan pesan yang ditujukan kepada pengguna bahwa ada salah satu hardware komputernya yang mengalami kerusakan.Perngkat keras apakah yang rusak tersebut?,perangkat keras itu berjulukan kabel konektor Hardisk Drive,baik dari yang SATA maupun yang IDE.Kabel itu ialah kabel yang terhubung dengan motherboard menuju ke hardisk.

2.IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0x0000000A)


Kode ini merupakan pesan yang ditujukan kepada pengguna komputer untuk memberitahu bahwa ada perangkat keras yang rusak pada bab VGA card,dan Sound card.Kode ini memberitahu bahwa driver tersebut tidak bekerja dengan semestinya atau dengan normal.Kode ini juga memberitahu bahwa adanya kesalahan dalam menginstall driver,atau tidak sesuainya menginstall driver untuk perangkat keras komputer.

3.UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0x0000007F)


Yang ketiga ialah aba-aba yang ditujukan untuk memberitahu kepada pengguna bahwa ada hardware yang mengalami kesalahan pada konfigurasi,atau konfigurasi tersebut melebihi konfigurasi standar.Seperti Over clock Memory,over clock VGA,dan prosessor sehingga mengalami panas yang tinggi atau tidak masuk akal melebihi kemampuan perangkat keras komputer tersebut.

4.STOP 0x0000008E CODE


Dan yang terakhir ialah pesan yang ditujukan kepada pengguna komputer untuk memberitahu bahwa adanya kesalahan atau rusaknya memory.Ini kadangkala terjadi dikala menginstall ulang komputer dan dikala sudah selesai Menginstall komputer mati atau memunculkan pesan diatas maka sahabat silahkan cek Perangkat keras Random Access Memory yang terpasang pada komputer atau laptop yang sahabat miliki.



Itu tadi ialah klarifikasi wacana Blue Screen Death dan jenis-jenis Blue Screen Death yang sering terjadi dan dialami oleh para pengguna komputer pada zaman kini ini.Jika sahabat mengalami salah satunya maka sahabat sesegera mungkin untuk mengganti atau memperbaiki komponen tersebut (yang dianggap rusak oleh sistem komputer).Maka daripada itu admin menganjurkan sahabat dan para pengguna komputer untuk merawat komponen-komponen yang terpasang pada komputer atau laptop sobat,jangan hingga barang yang sahabat miliki mengalami kerusakan yang menciptakan sahabat rugi.Karena membeli barang itu kadangkala susah,jadi rawatlah barang-barang yang sahabat punya biar tidak cepat rusak.Cukup hingga disini dulu pembahasan wacana Blue Screen Death,sampai jumpa.