Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Rom?

Pengertian ihwal ROM



Apakah sahabat mempunyai sebuah PC(personal computer) atau Komputer dirumah sobat?.Jika sahabat mempunyai sebuah komputer atau personal computer ,pastinya komputer tersebut ada perangkat keras yang berjulukan CPU(central processing unit).Lalukah sahabat pernah melihat komponen-komponen apa saja yang ada didalam CPU?.


Komponen perangkat keras yang satu ini mungkin saja sudah pernah sahabat dengar atau mungkin saja sahabat gres mendengarnya.Nama dari komponen perangkat keras komputer yang akan admin bahas pada artikel kali ini ialah ROM abreviasi dari Read Only Memory.ROM tentunya berbeda dengan tetangganya yang sering disebut dengan nama RAM atau abreviasi dari Random Access Memory.

Penasaran apa yang dimaksud dengan ROM(Read Only Memory)?.Oke pribadi simak aja ya sahabat ulasan artikel berikut ini.

Penjelasan ihwal ROM(Read Only Memory)


ROM atau abreviasi dari Read Only Memory merupakan sebuah komponen perangkat keras komputer yang sangat dibutuhkan dan harus dimiliki oleh setiap pengguna komputer,agar Komputer tersebut berjalan dengan baik dan normal.ROM terletak di dalam CPU(Central processing unit).

ROM dikategorikan sebagai salah satu perangkat keras komputer yang bekerja untuk membantu kinerja sebuah komputer dalam bidang memory.Walaupun demikian ROM tidak serupa dengan RAM(Random Access Memory),karena ROM(Read Only Memory) isinya hanya sanggup dibaca saja oleh si pengguna komputer itu sendiri.


Dalam menyimpan sesuatu ROM(Read Only Memory) sanggup menyimpan itu secara permanen,atau tidak akan hilang sebelum dihapus oleh pengguna komputer itu sendiri.ROM(Read Only Memory) juga mempunyai ukuran yang kecil dan tidak banyak memakan daerah saat dipasang.Walaupun mempunyai ukuran yang kecil Read Only Memory (ROM) mempunyai tugas yang sangat penting dalam kinerja sebuah komputer,agar personal computer (PC) sanggup bekerja dengan baik dan normal.

Read only memory (ROM) merupakan perangkat keras komputer yang berupa chip memory semikonduktor yang isinya hanya sanggup dibaca saja.


Atau sanggup disebut juga dengan definisi yang lain ialah ROM sebuah perangkat keras komputer yang terpasang di dalam sebuah central processing unit komputer,yang isinya berupa data.Dan data yang disimpan dalam read only memory tidak gampang hilang atau tidak gampang diubah-ubah walaupun sumber arus listrik sudah mati.Read only memory juga bersifat permanen,jadi kalau sahabat menyimpan File atau data didalam Read Only Memory (ROM) kemungkinan besar akan aman,dan tidak gampang hilang atau tidak gampang diubah-ubah walaupun sumber arus listrik mati.


Cara kerja sebuah Read Only Memory


Fungsi Read Only Memory (ROM) ialah sebagai media penyimpanan Firmware,atau banyak pengguna komputer yang menyebut dengan nama Software (perangkat lunak komputer). Firmware atau Software juga bekerjasama dekat dengan hardware,seperti BIOS,Basic input output system(BIOS) sanggup dihukum dengan cepat,tanpa butuh waktu untuk menyalakan perangkat media penyimpanan lainnya terlebih dulu,ya menyerupai yang terjadi pada umumnya terjadi pada perangkat penyimpanan lain.Meskipun data yang tersimpan di dalam Read Only Memory hanya sanggup dibaca saja akan tetapi data tersebut sanggup ditulis ulang oleh si pengguna komputer.

Jenis-jenis Read Only Memory


Ada banyak bekerjsama dari jenis perangkat keras komputer yang satu ini sobat,admin akan menyebutkan beberapa jenis dari Read Only Memory.Diantaranya ialah yang sering digunakan atau banyak diketahui orang banyak yaitu Mask Read Only Memory,PROM(Programmable Read Only Memory),EPROM(Erasable Read Only Memory),EAROM(Electrically Alterable Read Only Memory),dan lain-lain.

Oke itu tadi ialah klarifikasi sedikit ihwal Read Only Memory yang terpasang pada sebuah komputer,Read Only Memory (ROM) memang menjadi sebuah komponen yang sangat dibutuhkan oleh personal computer.Karena kalau tidak dipasang Read Only Memory maka kinerja komputer akan terasa absurd atau tidak sanggup dioperasikan dengan semestinya.Jadi buat sahabat yang ingin sekali membeli sebuah komputer,maka sahabat harus memperhatikan Perangkat keras ROM ini,pilihlah yang berdasarkan sahabat manis biar kinerja komputer yang sahabat punya mempunyai kinerja yang manis pula.Oke cukup sekian,sampai jumpa.