Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Pengiriman Unicast, Multicast, Dan Broadcast

UNICAST

Unicast yaitu salah satu metode pengeriman komunikasi pada ipv4, yang konsepnya yaitu "point to point" atau "one to one". alias paket yang dikirimkan itu hanya dari sumber ke tujuan saja.

Contoh Unicast :
  • Unicast itu mirip halnya kita inggin mencari suatu artikel mengenai komputer di internet yang mana hanya satu yang inggin dicari. 
  • Ibaratnya unicast itu terdapat 4 orang yang sedang berkumpul, ada 2 orang yang saling berbincang bicang. 2 orang tersebut yang dinamakan unicast.
  • Dalam jaringan unicast mirip halnya kita malakukan pointing antena dari jarak yang jauh, memakai sinyal radio.
Protokol Unicast : SMTP, FTP, DNS, HTTP, TELNET, SSH 

MULTICAST

Multicast yaitu salah satu metode pengiriman komunikasi pada ipv4, yang mempunyai konsep "one to many" yang di desaint semoga diproses oleh satu atau beberapa node dalam segmen jaringan yang sama atau berbeda. Multicast memakai ip 224.0.0.0 hingga 239.255.255.255.

Contoh Multicast :
  • Multicast sanggup digambarkan mirip halnya 10 orang yang sedang berkumpul 5 orang sedang mengobrol sedangkan 5 orang lainya tidak ikut mengobrol, konsepnya 5 orang tersebut ada 1 pemimpin sedang berbicara kepada 4 orang lainya 
  • Dalam Jaringan Multicast diibaratkan live streaming youtube, atau radio streaming yang tidak sanggup di pause. Contoh kita memonton sepak bola timnas indonesia melawan spanyol melalui live tv itu yang dinamakan multicast.
Protokol Unicast : Seperti cara kerja routing protokol, atau  routing dynamic yang secara otomatis mendapatkan ip.

BROADCAST
Broadcast yaitu salah satu metode pengiriman komunikasi pada ipv4, yang mempunyai konsep "one to everyone" merupakan alamat ipv4 yang didesain semoga diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama. Jika sebuah komputer hendak mengirimkan paket data Broadcast. Maka semua "node" atau setiap komputer yang aktif dalam satu segmen akan mendapatkan paket tersebut dan memprosesnya.

Contoh Broadcast :
  • Seorang presiden sedang berpidato yang didengarkan oleh semua rakyat pribumi. Atau sanggup dianalogikan mirip halnya khotbah pada shalat jumat, yang didengarkan oleh semua jamaah sholat jumat. 
  • Broadcast dalam jaringan mirip halnya aplikasi BBM, mengirim pesan BC kepada teman kontak secara langsung. 
  • Switch melaksanakan swithing dalam jaringan yang dikirim dari sumber ke tujuan. Switch tersebut bekerja secara mem broadcast.
Gambar Metode Pengiriman data unicast, multicast dan broadcast.