Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Yang Harus Diketahui Ketika Membeli Kendaraan Beroda Empat Bekas



Jakarta - Kali ini Membahas Tips jual beli kendaraan beroda empat bekas, banyak orang yang tidak tau hal sepele akan menjadi problem besar dikala membeli kendaraan beroda empat bekas pakai. Dan jangan sesekali kalian membeli kendaraan beroda empat bekas Rental walaupun murah tapi PR yang di tinggalkan cukup banyak.
Mobil bekas harganya memang sangat terjangkau untuk kalangan menengah kebawah, tapi yang harus Anda tau tidak semua kendaraan beroda empat bekas yang infinit dari mesin hingga lain-lain. Sehingga kita harus merogoh kantong yang dalam untuk mengganti yang bermasalah, dan kalaupun di hitung-hitung hampir menempuh harga kendaraan beroda empat baru.
Bagi Sebagian orang, membeli mobil bekas lebih menguntungkan dibanding membeli baru. Salah satunya adalah bisa mendapat model yang lebih anggun dengan harga lebih murah.
Namun terkadang, Anda harus cermat sebelum tetapkan membeli kendaraan beroda empat bekas. Pasalnya, tidak sedikit penjual kendaraan beroda empat bekas yang mengambil keutungan dengan banyak sekali cara atau mengakali kendaraan beroda empat yang dijualnya sehingga mempunyai nilai yang lebih tinggi.
Tapi, banyak juga penjual kendaraan beroda empat yang bahkan menjamin kualitas kendaraan yang mereka pasarkan. Salah satunya ibarat memperlihatkan garansi. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan biar tidak dibohongi dikala membeli kendaraan beroda empat bekas. Berikut kami sajikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membeli kendaraan beroda empat bekas.
1. Waspadai Mobil Bekas Tabrakan dan Banjir.

Kalau Anda menemukan kendaraan beroda empat bekas yang dijual dengan harga yang sangat murah, bahkan dibawah harga pasaran, Anda harus lebih berhati-hati. Pasalnya terdapat beberapa alasan orang menjual mobilnya dengan harga murah.
Salah satunya ialah kendaraan beroda empat yang dijualnya dalam kondisi rekondisi. Mobil yang dijual karena bekas gesekan atau rusak akhir menerobos banjir.
Tentu kendaraan beroda empat bekas gesekan atau banjir kualitasnya tak sebaik kendaraan beroda empat yang bukan bekas gesekan atau banjir. Selain itu, kendaraan beroda empat yang bekas gesekan walau sudah diperbaiki tidak jarang masih meninggalkan problem lain.
Untuk itu, hal yang perlu Anda perhatikan ialah dengan memperhatikan bab sasis mobil. Dengan melihat bab itu, Anda sanggup melihat apakah sasis dan bodi kendaraan beroda empat dalam kondisi baik atau tidak. Selain itu, Anda sanggup melihat bab bawah kap mesin, terkadang kendaraan beroda empat yang bekas gesekan akan terlihat bekas perbaikan.
Selain itu bagasi belakang juga bab yang perlu Anda cermati. Tidak jarang pemilik usang dari kendaraan beroda empat yang akan Anda beli mengalami tabrakan. Apabila terdapat bekas perbaikan di bab bodi dan sasis mobil, ada baiknya Anda pertimbangkan kembali kendaraan beroda empat yang Anda minati itu.
Perhatikan juga lekukan bodi dan cat mobil. Tentu apabila kendaraan beroda empat yang bekas tertabrak, bab bodi dan cat mobilnya tidak akan tepat kembali. Untuk itu Anda harus lebih teliti sebelum membeli mobil bekas..

2. Periksa Listrik

Biasanya bab kelistrikan kendaraan beroda empat bekas mengalami problem karena hewan yang masuk ke ruang
.
Selain itu, pemilik usang sanggup juga melaksanakan modifikasi yang mengakibatkan kerusakan pada bab kelistrikan.
Akibatnya, Anda harus mengeluarkan dana ekstra untuk melaksanakan perbaikan. Bahkan tidak jarang Anda diharuskan mengganti komponen yang tidak sanggup dilakukan perbaikan.
3. Perhatikan Bagian Mesin 

Mesin merupakan jantung dari mobil. Untuk itu Anda harus teliti melihat apakah kendaraan beroda empat bekas yang akan Anda beli dalam kondisi baik. Pasalnya, tidak jarang juga penjual kendaraan beroda empat bekas bandel yang mengakali bab mesin biar kendaraan beroda empat terlihat mempunyai performa yang baik.
Buka kap mesin dan periksa apakah terdapat kebocoran ataupun korosi. Selanjutnya Anda juga sanggup memerika bab oli dengan mencabut tongkat pengukur kemudian lihat kepekatan warna oli. Jangan lupa juga periksa bab belt serta accu untuk memastikan bab kelistrikan dalam keadaan baik.

4. Perhatikan Surat-Surat.

Apabila sudah menemukan kendaraan bekas yang menjadi cita-cita Anda. Lalu menemukan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah kelengkapan surat-surat.
Kelengkapan standar yang harus dimiliki kendaraan beroda empat bekas ialah BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan juga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Kedua surat ini ialah bukti identifikasi kendaraan bermotor sekaligus kelengkapan kendaraan. Surat ini mencatat identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor pendaftaran dan masa berlaku termasuk pengesahannya.
Apabila kedua surat itu ada, tidak ada salahnya Anda mengecek keabsahan dari BPKB dan juga STNK. Karena tak sedikit penjual kendaraan beroda empat bekas yang nakal dengan menggandakan surat-surat kelengkapannya. Jangan hingga Anda justru mengalami problem di kemudian hari dan malah membeli kendaraan beroda empat curian.
Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi apakah surat kendaraan itu orisinil atau tidak. Salah satu cara mengecek surat ialah melalui situs online melalui alamat samsat-pkb.jakarta.go.id. Selain itu Anda sanggup juga memeriksanya melalui pesan singkat melalui SMS ke nomer 1717 dengan cara mengetik Kode (spasi) Nomor Polisi kemudian kirim ke 1717.
Baca Juga : Tips Mengatasi Rem Blong Pada Mobil