Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Menyaingi Whatsapp Yahoo Meluncurkan Together

NAM MARLEYS - Halo sahabat Blogger sehabis menutup Yahoo Messenger pada 17 Juli lalu, Yahoo menyampaikan sedang menyebarkan aplikas chatting gres pesaing WhatsApp, berjulukan Squirrel. Kala itu, Yahoo Squirrel masih dalam tahap uji coba beta.

Pekan ini Yahoo mengumumkan jikalau Yahoo Squirrel resmi meluncur dengan nama Yahoo Together. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim yang sama dengan pengembang Yahoo Messenger.

Karena menjadi versi resmi dari Yahoo Squirrel, basis keduanya masih sama dengan membawa sejumlah fitur kombinasi dari aplikasi perpesanan dan fungsi dialog grup. Lantas, apa bedanya dengan WhatsApp?

Perbedaan utamanya yaitu cara gampang mengelola grup melalui platform mobile. Sistem permintaan grup pun dibentuk lebih rahasia, tanpa harus menyimpan kontak nomor atau e-mail yang akan diundang, layaknya WhatsApp.
Pengguna cukup membagikan tautan ke orang-orang tertentu dengan membagikan isyarat melalui platform chat lain. Fitur-fitur di dalamnya memudahkan pengguna mengobrol dengan anggota grup menurut topik tertentu, layaknya aplikasi pesan instan Slack.

Hal ini bertujuan untuk mengelompokan percakapan khusus, semoga tidak tercampur dengan percakapan di luar topik lain yang sering kali mengganggu.

Tangkapan layar cara mengundang grup di aplikasi Yahoo Together dan beberapa fitur di dalam ruang dialog grup.
Selain mengobrol beradasarkan topik tertentu, pengguna juga dapat mengirim pesan eksklusif secara pribadi. Dari pengamatan yang menjajal aplikasi ini, beberapa fitur serupa dengan WhatsApp, menyerupai membagikan foto, GIF, dan reaksi ke sesama anggota grup.

Agak sedikit berbeda, pada fitur rekasi pengguna dapat menciptakan sendiri reaksinya. Pengguna juga dapat mencari percakapan usang yang tertimbun. Selain itu, notifikasi juga dapat disenyapkan jikalau merasa terganggu dengan rentetan pemberitahuan grup.

Ada juga fitur Broadcast/Siaran yang dipakai untuk memastikan pengumuman penting untuk semua anggota grup. Tak hanya foto, pengguna juga dapat mengirim dokumen atau tautan.

Selain itu, pengguna dapat mengatur Smart Reminder ke dalam grup untuk mengingatkan aktivitas sebuah aktivitas ke seluruh anggota grup.

Dilansir dari TechSpot, Yahoo Together telah tersedia di Android dan iOS. Hingga dikala ini, Yahoo belum mengumumkan apakah akan ada aplikasi Yahoo Together untuk desktop atau versi web.