Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berguru Efektif Memakai Metode Pintar

Cara Belajar Efektif Menggunakan Metode Belajar PINTAR - Setiap pelajar niscaya nggak jauh dari acara belajar. Mereka berguru untuk memahami bahan dengan impian menerima nilai cantik ketika ujian. Sehingga banyak para pelajar yang mencari cara berguru yang paling efektif.

Menemukan cara berguru efektif bukanlah hal yang mudah. Butuh kebiasaan dan selalu mencoba-coba cara berguru yang baru. Artikel ini akan mengenalkan kau dengan sebuah metode berguru efektif dan efisien yang diberi nama PINTAR.

Cara Belajar Efektif Menggunakan Metode Belajar PINTAR  Cara Belajar Efektif Menggunakan Metode PINTAR


Metode ini tentu bisa kau lakukan dalam acara berguru kamu. Dengan metode ini hasil dari acara belajarmu akan semakin efektif dan cantik tentunya. Nah.. daripada ingin tau eksklusif aja disimak pembahasannya ya.

Cara Belajar Efektif Menggunakan Metode PINTAR

Oke jadi metode PINTAR ini merupakan buah hasil dari pengalaman saya berguru selama ini. Dan saya mendapatkan hasil yang maksimal memakai metode ini. Metode ini sangat cocok digunakan berdasarkan saya pribadi.

PINTAR yang dimaksud nanti bukan yang mempunyai arti cerdas atau arif ya. PINTAR yang dimaksud berarti cara berguru efektif ini terdiri dari 6 metode. Yaitu metode P, I, N, T, A, dan R. 

Baik berikut yaitu klarifikasi keenam metode tersebut.

Metode P

Metode yang pertama yaitu P atau Pengin. 

Ini yaitu sebuah dasar yang harus kau miliki ketika akan belajar. Bisa dikatakan ini yaitu sebuah fondasi yang harus kau miliki.

Pengin berarti niat. Selama kau berguru dengan keinginan dan niat yang berpengaruh bahwa memang kau sangat membutuhkan belajar, maka kau akan berguru dengan tekun, rajin, dan merasa berguru itu menyenangkan.

Percaya, jikalau kau berguru tidak dilandasi dengan niat yang berpengaruh maka hasil belajarmu tidak maksimal. Contoh, mata kau sedang mengarah pada buku pelajaran tetapi pikiran kau kemana-mana. Nggak fokus jadinya.

Belajar yang demikian tentu harus dihindari. Jangan berguru ketika kau sedang malas. Hasilnya tidak akan maksimal. Supaya kau bisa mengatasi rasa malas dalam hidupmu silakan baca 5 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas.

Intinya yaitu niat menjadi hal utama dan yang paling penting ketika kau akan memulai untuk belajar. 

Metode I

Selanjutnya metode yang kedua yaitu metode I atau Intensitas.

Seseorang bisa menulis dengan baik alasannya yaitu beliau biasa menulis. Seorang bisa berlari 10 Km alasannya yaitu beliau biasa berlari. Makara semua akan berhasil jikalau memang hal tersebut biasa kita lakukan.

Sama halnya dengan belajar. Belajar yang baik yaitu berguru yang mempunyai intensitas teratur. Makara berguru bukan hanya sekali seminggu, sebulan atau menjelang ujian saja. Tetapi berguru itu harus intens dilakukan setiap hari secara rutin. 


Manfaat ketika kau berguru rutin yaitu otak kau akan selalu bekerja. Dengan demikian otak kau akan semakin terasah dan gampang untuk memahami materi. 

Semakin terbiasa kita dengan bahan pelajaran yang dibaca, maka semakin gampang juga kita menyimpannya dalam memori. 

Makara cara berguru yang efektif yaitu yang dilakukan secara rutin dan berulang.

Metode N

Metode ketiga yaitu N atau Nugas.

Setelah kau berguru dengan rutin niscaya kau sudah mempunyai bekal bahan yang baik. Coba uji pemahamanmu itu dengan nugas. 

Cobalah untuk selalu mengerjakan sendiri tugas-tugas yang diberikan. Nah.. kalau sedang tidak ada tugas, buatlah kiprah sendiri untuk selalu melatih pemahamanmu.

"Practice makes perfect" 

Kata bijak di atas memang benar. Dengan sering-sering berlatih maka kau akan gampang dalam mengerjakan soal-soal ujian nantinya. 

Metode T

Metode T atau Time Management.

Banyak pelajar zaman now yang tidak arif untuk mengatur waktunya. Mereka lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain game, scroll time line sosmed, atau nongkrong dengan temannya.

Tentu pelajar yang baik tidak ibarat itu. Pelajar yang baik bisa menempatkan berguru sebagai prioritas yang utama. Nah.. untuk itu maka kau harus tahu betul porsi waktu untuk masing-masing kegiatanmu sehari-hari. Buatlah perencanaan untuk masing-masing acara sehingga semuanya sanggup berjalan dengan baik sesuai dengan porsinya masing-masing.

Untuk lebih gampang dalam mengatur waktu untuk belajar, kau bisa baca 5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan ini.

Metode A

Metode kelima yaitu metode A atau Analisa.

Ini sangat penting, lho. Maksudnya yaitu kau harus tahu dan menganalisa tingkat kesulitan masing-masing mata pelajaran. Dengan analisa tersebut nantinya kau sanggup memilih perencanaan berguru kamu.

Pelajaran yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi maka porsi untuk mempelajarinya juga lebih banyak dibanding yang tingkat kesulitannya rendah. 

Dengan demikian tentu berguru akan semakin efektif dan alhasil juga maksimal.

Metode R

Metode terakhir yaitu metode R atau Refresh.

Belajar penting, bahkan sangat penting bagi pelajar. Tetapi ada hal lain yang juga sangat penting, yaitu refreshing atau penyegaran.


Otak yang digunakan secara terus menerus tanpa henti usang kelamaan akan capek. Ketika otak capek maka daya serapnya kurang maksimal.

Nah.. ketika kau merasa capek ketika berguru maka lakukanlah penyegaran. Caranya sederhana. Misal dengan menonton video lucu, makan cemilan, berolahraga, atau tidur.

Setelah kau melaksanakan refreshing maka badan dan otak kau akan segar kembali dan siap untuk mendapatkan materi-materi yang baru.

Kesimpulan

Itulah cara berguru efektif memakai metode PINTAR. Makara untuk berguru efektif yang pertama kita butuh Pengin atau niat yang kuat. Yang kedua yaitu Intensitas atau dilakukan berulang-ulang. Yang ketiga yaitu Nugas atau latihan. Yang keempat yaitu Time Management atau administrasi waktu berguru yang baik. Yang kelima yaitu bisa melaksanakan Analisa tingkat kesulitan masing-masing mata pelajaran. Dan yang terakhir yaitu Refresh atau penyegaran badan dan pikiran.

Sekian artikel kali ini. Terima kasih telah berkunjung dan hingga jumpa di artikel berikutnya.

Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/