Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mikrotik Dan Penjelasannya

Pengertian Mikrotik dan Penjelasannya

Apa itu Mikrotik ?
Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang bekerjasama dengan sistem jaringan komputer yang berkantor sentra di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 untuk membuatkan router dan sistem Internet Service Provider (ISP) nirkabel.


 sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi  Pengertian Mikrotik dan Penjelasannya

Sejarah Mikrotik
Mikrotik dibentuk oleh MikroTikls, yaitu sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia yaitu sebuah negara yang merupakan “pecahan” dari negara Uni Soviet atau yang lebih dikenal dengan Russia. Mikrotik awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya memakai teknologi wireless atau nirkabel. Saat ini MikroTikls menawarkan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan saluran Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat terkenal di Indonesia.

Jenis-jenis Mikrotik
MikroTik kini menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. Produk hardware unggulan dari Mikrotik berupa Router, Switch, Antena, dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk software unggulan dari Mikrotik yaitu MikroTik RouterOS.

Mikrotik RouterOS

 sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi  Pengertian Mikrotik dan Penjelasannya

Pengertian Mikrotik RouterOS yaitu sebuah sofware yang berfungsi mengubah PC (komputer) menjadi sebuah router. Mikrotik RouterOS layaknya IOS cisco yang diinstall di dalam Router Cisco, hanya saja IOS cisco tidak bisa di install di dalam komputer kecuali memakai emulator menyerupai GNS3 dan dynamips. Pada dasarnya RouterOS merupakan sistem operasi Mikrotik RouterBOARD yang berbasis Kernel Linux v2.6.

Mikrotik Routerboard

 sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi  Pengertian Mikrotik dan Penjelasannya

Selain bisa di install di dalam PC, mikrotik RouterOS juga bisa diinstall pada sebuah hardware khusus yang berjulukan RouterBOARD. Ketika kita membeli sebuah mikrotik RouterBOARD biasanya sudah tersintall RouterOS didalamnya.

Ada beberapa jenis routerboard mikrotik yang juga bisa berfungsi sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds ataupun sebagai wifi client. menyerupai seri RB411, RB433, RB600. dan sebagian besar ISP wireless memakai routerboard untuk menjalankan fungsi wirelessnya baik sebagai ap ataupun client. Dengan routerboard Anda bisa menjalankan fungsi sebuah router tanpa tergantung pada PC lagi. alasannya yaitu semua fungsi pada router sudah ada dalam routerboard. Jika dibandingkan dengan pc yang diinstal routerOS, routerboard ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan ekonomis listrik alasannya yaitu hanya memakai adaptor. untuk dipakai di jaringan wifi bisa dipasang diatas tower dan memakai PoE sebagai sumber arusnya.

Fitur Yang Dimiliki Mikrotik
Sebagai sebuah router, mikrotik mempunyai fitur-fitur yang tidak kalah dengan router-router mahal menyerupai cisco. Beberapa fitur mikrotik :

Interfaces :
Fisik : Ethernet, V35, ISDN, Dial-up Modem
Wireless : 900Mhz, 2.4 GHz, 5.8 GHz
Virtual : Bridge, Bonding, HWMP+, VLAN
Tunnel : EoIP, IPIP, PPTP, L2TP, MPLS, PPPoE

Routing :
Policy Routing , Statik routing, Dinamis Routing (OSPF, BGP, RIP)

Firewall :
Filter Rule, TTL, Address List Network Address Translation (NAT) Bandwidth Management HTB, PFIFO, BFIFO, RED, SFQ, PCQ

Sevices :
Hotspot, Web Proxy, DHCP, DNS

Management User :
Radius, User Manager, PPP user, AAA, Accounting

Tools
Graph, MAC-ping, Torch, Watchdog, ping

D. Penjelasan Sistem Level Lisensi Mikrotik
Mikrotik bukanlah perangkat lunak gratis, diharapkan lisensi dari MikroTikls semoga anda sanggup memanfaatkanya secara penuh alias berbayar. Pada Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 lalu 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 yaitu versi Demo dari Mikrotik yang sanggup dipakai secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas. Tentunya di setiap level memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, Level 6 yaitu level tertinggi dengan mempunyai fungsi yang paling lengkap dari mikrotik. Untuk lebih jelasnya wacana lisensi mikrotik yaitu sebagai berikut :

Level 0 : membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam sehabis instalasi dilakukan.

Level 1 (demo) : pada level 1 kau sanggup menggunakannya sebagai fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak mempunyai limitasi waktu untuk menggunakannya.

Level 3; sudah meliputi level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.

Level 4; sudah meliputi level 1 dan level 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe access poin.

Level 5; meliputi level 1, level 3 dan level 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.

Level 6; meliputi semua dan tidak mempunyai limitasi apapun.

Demikian klarifikasi wacana Pengertian Mikrotik dan Penjelasannya.