Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal, Prajurit Tempur Untuk Bisnis Anda.


"Proposal akan peduli kepada Anda jikalau Anda peduli untuk membuatnya dan tempatkan ia di garis depan arena pertempuran bisnis". - by hendra.ws

Seperti prajurit saja ya? Ya, anjuran yaitu perwakilan representasi profil dan produk bisnis Anda yang akan dibaca oleh konsumen. Proposal hadir dikala Anda tidak ada didepan konsumen. Proposal akan menggelitik ruang fikiran konsumen untuk analisa, mempertimbangkan dan memutuskan beli produk Anda.

*) Penyebaran Proposal

Dimanakah anjuran bisnis akan tersebar? Biasanya konsumen akan ambil anjuran dikala Anda lakukan pameran/expo bisnis. Bisa juga anjuran akan terkirim jikalau ada konsumen yang meminta. Bisa kirim lewat pos (printed) dan lewat email.

Jaman now, anjuran printed tampaknya agak tradisionalis dan berbiaya mahal. Butuh kertas dan printing. Lebih efisien jikalau berformat PDF dikirimkan lewat email dan aplikasi pesan singkat (messanger) menyerupai WhatsApp, Line, Telegram dan lain sebagainya.

Ada cara lain, sesuai dengan dunia digital marketing, yaitu tempel di website dan jadikan Call To Action (CTA) biar didownload sendiri oleh konsumen.
So, sudahkah Anda buat anjuran bisnis? Jika belum, segera buat dan tempatkan di garda depan media bisnis Anda yaitu website! Sebagai file PDF yang bisa didownload oleh konsumen.

*) Keuntungan anjuran bisnis yang bisa didownload di website.

1. Menjadi Profesional.

Salah satu unsur profesionalitas yaitu memahami pengetahuan perihal tujuan bisnis dan produk (product knowledge). Dalam proposal, Anda akan memberitahukan kepada konsumen visi, misi dan nilai-nilai bisnis. Kemudian menjelaskan perihal informasi keunggulan produk yang bisa menuntaskan problem konsumen. Disinilah konsumen sendiri akan mempelajari bisnis dan produk Anda. Meski tanpa kehadiran Anda secara fisik.

Semua perusahaan besar pun akan punya anjuran yang tercetak menyerupai brosur, flyer ataupun dokumen. Penyebaran bisa melalui pameran, staf sales marketing atau dijalanan. Anda hanya perlu menempelkannya di website dan bisa didownload. Contoh lah perusahaan besar itu namun action dengan kreatif.

2. Memudahkan Konsumen Memahami Produk dan Bisnis Anda.

Website yang memiliki banyak halaman akan memuat banyak informasi bisnis. Termasuk informasi produk-produk didalamnya. Hal ini akan membuat konsentrasi extra, butuh kesabaran, dan ketelitian tinggi untuk klik, klik, dan klik banyaknya halaman website Anda. Sedangkan konsumen punya beda-beda kebiasaan (behaviour) dalam menjelajah informasi.
Kebiasaan konsumen ini terlihat dari interval waktu yang tercipta dikala mengunjungi website Anda. Ada yang sabaran bisa usang browsing nya. Yang tidak sabar, bakal cepat menutup website Anda. Kehadiran proposal, satu file bisa meliputi berhalaman-halaman informasi bisnis dan produk Anda. Tinggal Anda atur bab-bab alur penyampaian informasinya. Konsumen akan klik, download dan scrolling terus menerus kebawah untuk memahami penawaran Anda.

3. Mampu Kaprikornus Dokumen Untuk Meeting.

Website Anda bisa diprint namun ada layout/design yang tidak penting jikalau konsumen ingin fokus memahami produk Anda. Misalnya gambar slideshow, box twitter, box facebook, box info terbaru, gambar-gambar ikon media sosial, dll. Mereka tidak penting berada di lembar print.

Kehadiran anjuran PDF bisa fokus hadirkan data-data bisnis dan produk Anda. Lembaran kertas anjuran Anda akan dibawa menjadi materi meeting di kantor nya konsumen. Proposal Anda akan jadi materi meeting (handsout) untuk sebuah keputusan bisnis. Bisa jadi mereka pilih Anda sebab punya anjuran yang menarik.

4. Kemudahan Untuk Viral.

Proposal Anda yang berformat PDF yaitu sebuah file umum yang bisa disebarkan di banyak sekali platform operating system (OS). PDF bisa dibuka di OS Android, iOS, Windows, Mac, Linux. Kemudian bisa dikirimkan dan forward di aplikasi pesan (mesengger) menyerupai WhatsApp, Telegram, BBM, FB Messenger, Line, dan lain sebagainya.

Contoh kasus: Ada staf yang diperintahkan bos untuk cari catering. Maka sesudah download dari website catering, anjuran PDF itu diforward ke bos nya. Begitupula jikalau teman lain nya butuh informasi catering maka staf dan bos itu punya potensi forward/kirim anjuran PDF itu. Kaprikornus viral kan?

Selamat Mencoba.