Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Di Komputer

Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer Windows 7 - Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel yang berjudul Cara Format Flashdisk Yang Baik dan Benar, Flashdisk merupakan sebuah perangkat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan pada port USB yang bisa menyimpan file atau data dalam aneka macam format dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Selain itu, flashdisk mempunyai ukuran yang sangat kecil, sehingga gampang dibawa kemana-mana.

Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer Windows  Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer


Namun ada duduk kasus yang sering kali dialami oleh para pengguna Flashdisk. Masalah tersebut yakni Flasdisk tidak terdeteksi atau tidak terbaca saat dicolokkan ke port USB komputer PC maupun laptop. Sebelum melangkah ke tahap cara mengatasi Flashdisk yang tidak terdeteksi di komputer, ada baiknya anda mengetahui dan memahami terlebih dahulu beberapa penyebab Flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi pada komputer. Berikut beberapa penyebab Flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi pada komputer PC maupun Laptop.

  • Flashdisk rusak secara fisik
  • Driver USB bermasalah
  • Port USB pada komputer bermasalah/rusak
  • Dan lainnya.
Setiap duduk kasus yang menjadi penyebab Flashdisk tidak terdeteksi atau tidak terbaca pada komputer, mempunyai cara tersendiri untuk mengatasinya. Bisa jadi duduk kasus Flashdisk tidak terbaca berasal dari Flashdisk itu sendiri, bisa juga dari komputer daerah anda mencolokkan Flashdisk. Untuk mengetahuinya, silahkanmencoba untuk colokkan Flashdisk ke komputer lain. Atau bisa juga anda colokkan Flashdisk lain ke komputer dimana anda menemui duduk kasus tersebut. Hasilnya niscaya akan terlihat. Kalau Flashdisk anda terbaca di komputer lain, berarti masalahnya ada pada komputer. Sebaliknya, jikalau Flashdisk anda tidak terbaca juga di komputer lain, ada kemungkinan Flashdisk anda yang rusak. Berikut cara-cara sempurna menangani Flashdisk tidak terbaca atau terdeteksi di komputer PC maupun Laptop.

1. Mengecek Kondisi Port USB
Sebuah perangkat bisa sanggup dipakai dalam jangka waktu yang usang apabila dirawat dengan baik dan benar. Nah, hal ini juga berlaku pada perangkat yang memakai USB dan port USB yang ada pada komputer PC maupun Laptop. Jika anda biasa meletakkan Flashdisk, laptop, atau PC pada daerah yang kotor dan berdebu, bisa saja lubang USB atau port USB kemasukkan debu dan menempel, sehingga mengakibatkan Flashdisk atau perangkat USB lain tidak terbaca dengan baik. Atau bisa juga kepala Flashdisk yang masuk ke port USB tersebut yang kotor. Segera bersihkan sampai bersih.

Untuk memberishkannya cukup dengan kuas kecil dan kain lap. Kuas kecil dipakai untuk membersihkan lubang kecil pada port USB atau konektor Flashdisk, sedangkan kain lap dipakai untuk membersihkan penggalan luar USB atau konektor Flashdisk.

2. Update Device Driver
Driver USB pada komputer PC maupun laptop terkadang bisa bermasalah. Masalah tersebut diakibatkan oleh terjadinya crash atau corrupt pada file driver USB pada sistem operasi komputer anda. Driver yang bermasalah menjadikan perangkat USB tidak bisa terbaca oleh komputer PC atau laptop, meskipun sudah dihubungkan.

Salah satu cara mengatasi driver USB yang bermasalah yakni dengan melaksanakan update pada driver perangkat USB Anda. Caranya, buka jendela Device Manager dengan cara Klik Start > Control Panel > System > Device Manager. Cara lain untuk mengakses Device Manger yakni dengan klik kanan pada My Computer > Properties > kemudian Device Manager atau tekan logo Windows+R untuk membuka kotak Run, kemudian ketikkan "devmgmt.msc" (tanpa tanda petik) pada kotak yang tersedia kemudian tekan Enter pada keyboard.

Pada jendela Device Manager, pilih “Unknown Device”. Klik kanan pada Unknown Device, kemudian klik Properties. Selanjutnya, Anda akan melihat jendela Properties dari Unknown Device. Pada jendela tersebut, pilih tab Driver, kemudian klik "Update Driver". Selanjutnya pilih "Browse My Computer for Driver Software" > Next.

Selanjutnya, anda akan dihadapkan pada dua pilihan. Jika anda yakin driver USB Anda sebelumnya sudah sesuai dengan spesifikasi perangkat USB Anda, klik "Let me pick from a list of driver software on my computer" > Next. Lalu, pilih "Show All Drivers" > Next. Nantinya, anda akan melihat daftar dari beberapa driver yang tersedia oleh Windows beserta perusahaan yang merilis driver tersebut. Nah, pilihlah salah satu driver alternatif yang bisa menggantikan driver USB yang bermasalah.

Setelah anda menentukan driver, klik Next dan tunggu proses instalasi driver USB sampai selesai. Jika instalasi driver tidak berhasil, coba anda pilih driver lain yang tersedia.

Jika ternyata USB anda masih belum terdeteksi, anda bisa mengunduh driver USB yang sesuai dengan spesifikasi perangkat anda melalui internet. Meskipun peluang untuk mendapatkannya cukup sulit, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

3. Uninstall Driver Perangkat USB
Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan installan driver device driver yang mengalami coruupt pada sistem operasi komputer PC atau laptop. Pada jendela Device Manager, klik kanan pada " Universal Serial Bus Controllers " > kemudian pilih Uninstall. Kemudian cabut perangkat USB anda dan colokkan kembali. Akan tampil sebuah notifikasi pemberitahuan sebuah perangkat gres akan terinstall atau anda bisa menginstall driver USB tersebut memakai driver bawaan komputer.

Jika cara-cara di atas masih tidak juga mengatasi duduk kasus Flashdisk tidak terbaca atau terdeteksi di komputer, maka bisa dipastikan Flashdisk anda lah yang mengalami duduk kasus atau rusak.

Baca juga :

Demikian artikel tutorial sederhana mengenai cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di komputer. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/