Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Iphone Rekondisi Resmi Apple (Asli) Dengan Rekondisi Biro (Palsu)

iOSpedia.net - Setelah di artikel sebelumnya mengulas tentang Cara membedakan iPhone gres dengan iPhone rekondisi, pembahasan kali ini khusus ihwal iPhone rekondisi saja.


Meskipun berupa 'rakitan ulang', tidak semua iPhone rekondisi itu buruk kualitasnya. Ada jenis iPhone rekondisi resmi yang dibentuk oleh Apple, yang kualitasnya tak jauh berbeda dari iPhone baru. Sebaliknya, ada iPhone rekondisi yang dibentuk oleh 'pihak lain' yang kualitasnya patut dipertanyakan.


Lantas, bagaimana cara membedakan iPhone rekondisi resmi Apple (refurbished) dengan iPhone rekondisi pihak distributor?

Simak ulasannya berikut ini!


Setelah di artikel sebelumnya mengulas ihwal Cara Membedakan iPhone Rekondisi Resmi Apple (Asli) Dengan Rekondisi Distributor (Palsu)
Cara membedakan iPhone rekondisi orisinil dengan yang palsu / image via Pixabay


Kepopuleran gadget besutan Apple, yakni iPhone memang tak terbantahkan. Dengan didukung OS 'eksklusif' yakni iOS tentu menciptakan gadget ini jauh lebih 'spesial' ketimbang OS 'sejuta umat' mirip Android.

Terutama dalam hal penemuan fitur dan produk, Apple selalu beberapa langkah di depan pesaingnya. Belum lagi desain yang elegan dan penggunaan material kelas wahid, menciptakan iPhone semakin dicintai oleh banyak orang.


Beragam kelebihan yang ditawarkan iPhone, menciptakan pengguna gadget ini semakin bertambah setiap tahunnya. Hal ini menjadi peluang bagi banyak sindikat penyelundupan iPhone, yang produknya biasa kita kenal dengan sebutan iPhone BM atau Black Market -- yang dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah daripada iPhone resmi.

Selain iPhone BM, ada lagi 'sindikat' lain yang ikut terjun ke bisnis penjualan iPhone, yakni penjual iPhone rekondisi.


Apa itu iPhone rekondisi?

Dilansir dari laman Teknoped.com, iPhone rekondisi ialah iPhone yang telah rusak kemudian di perbaiki, kemudian di kemas ulang layaknya iPhone baru. iPhone tersebut kemudian dijual dengan harga yang sangat murah, dan bertuliskan 'rekondisi / refurbished'.

Perlu anda ketahui, iPhone refurbished biasanya diedarkan sesudah 2 generasi terbaru iPhone dikeluarkan. Contohnya, apabila ketika ini iPhone 8 telah rilis, maka iPhone refurbished yang diedarkan ialah iPhone seri 6S (di bawah 2 seri iPhone, yakni iPhone 8 dan iPhone 7 / 7 Plus).


Jenis-jenis iPhone rekondisi / refurbished

Bagi yang belum tahu, gotong royong iPhone rekondisi / refurbished itu ada 2 jenis. Untuk sanggup membedakannya, silahkan simak pemaparan ihwal kedua jenis iPhone tersebut di bawah ini:


1. iPhone Rekondisi / Refurbished Resmi Apple

iPhone rekondisi jenis ini ialah iPhone yang secara resmi direkondisi oleh pihak Apple, karena rusak atau mengalami kegagalan fungsi.

iPhone yang gagal fungsi tersebut kemudian dirakit ulang dan diganti beberapa komponen yang rusak dengan komponen orisinil Apple, selanjutnya dipacking ulang sesuai standard produksi Apple.

Dapat disimpulkan kalau iPhone rekondisi resmi Apple ini mempunyai kualitas yang setara dengan produk iPhone gres yang diproduksi Apple. Hal itu dikarenakan komponen-komponen yang dipakai merupakan produk original (asli) keluaran Apple. Apabila anda membeli iPhone rekondisi jenis ini, tentu tidak akan menjadi dilema bagi anda.


2. iPhone Rekondisi/Refurbished Non Resmi (Dibuat Oleh Pihak Selain Apple)

iPhone rekondisi jenis ini tergolong iPhone rekondisi yang tak resmi.

Pada awalnya iPhone ini ialah iPhone resmi, namun mengalami kerusakan / gagal fungsi. Selanjutnya iPhone tersebut diperbaiki, dirakit, dan dipacking ulang mirip iPhone yang baru.

Sayangnya jenis iPhone rekondisi yang satu ini dirakit ulang bukan secara resmi oleh Apple, melainkan diperbaiki oleh pihak distributor.

Kalau dilihat dari kacamata hukum, hal ini termasuk tindakan pemalsuan produk. Makara anda harus berhati-hati jikalau mau membeli iPhone gres yang dijual di konter-konter atau biro non resmi. Pastikan iPhone gres yang akan anda beli benar-benar orisinil buatan Apple.


Perbedaan iPhone rekondisi resmi dengan yang tidak resmi

Lantas, bagaimana cara membedakan iPhone rekondisi / refurbished resmi Apple dengan iPhone rekondisi palsu?


Ciri-ciri iPhone rekondisi resmi dari Apple

1. Deskripsi dan bentuk kemasan dari iPhone rekondisi resmi 'sengaja' dibentuk berbeda dengan iPhone baru. Ciri-ciri paling utama sanggup dilihat pada box iPhone refurbished yang berwarna putih polos dan terdapat goresan pena kecil di bab bawah yakni tulisan"Apple Certified Pre-Owned".

2. Semua aksesoris original dan pendukungnya masih baru, sama mirip iPhone baru. Aksesoris dan kelengkapan yang dimaksud mirip earpods, adaptor charger dan USB / Lightning charger.

3. Apple refurbished resmi Apple mempunyai garansi resmi Apple internasional. Biasanya garansi ini ialah selama 1 tahun, dan garansi terhitung semenjak pertama kali anda mengaktifkan iPhone tersebut.

Untuk mengecek garansinya, sanggup dilihat di web checkcoverage.apple.com dengan memasukkan SN atau serial number iPhone.


Ciri-ciri iPhone rekondisi dari biro (rekondisi palsu)

1. Lihat harganya, apakah masuk nalar atau tidak. Biasanya iPhone rekondisi non resmi (bukan dari pihak Apple) dibanderol dengan harga yang sangat murah.

2. Perhatikan kemasan iPhone refurbished non resmi. Biasanya kemasan iPhone jenis ini kebalikan dari iPhone rekondisi resmi dari pihak Apple. Kalau iPhone rekondisi resmi mempunyai kemasan yang 'beda', maka kemasan iPhone rekondisi 'abal-abal' justru ibarat kemasan iPhone baru. Makara kalau beberapa tahun sesudah tipe iPhone tersebut rilis dan masih ada penjual yang menjual iPhone dengan kemasan ibarat iPhone baru, anda patut berhati-hati.

3. Kalau masa garansi iPhone rekondisi resmi ialah selama 1 tahun, maka masa garansi iPhone rekondisi palsu justru lebih singkat. iPhone jenis ini hanya mempunyai garansi biro antara 1-6 bulan saja, dan bukan garansi Apple internasional.

Guna mengecek garansi tersebut, masukkan serial number iPhone pada situs checkcoverage.apple.com.

Apabila masa garansi telah expired atau kadaluwarsa, maka iPhone tersebut sanggup jadi ialah iPhone rekondisi biro (non resmi). Sebaliknya, jikalau garansi iPhone tersebut belum aktif dan tertera goresan pena "Aktifkan iPhone Anda", maka kemungkinan besar iPhone tersebut merupakan iPhone rekondisi resmi dari Apple.


Image via Pixabay


Baca juga:



Demikian klarifikasi ihwal cara membedakan iPhone rekondisi resmi Apple, dengan iPhone rekondisi non resmi dari pihak distributor.

Semoga bermanfaat, dan semoga anda tidak salah pilih ketika membeli iPhone. (fa)


(Sumber: Teknoped.com)




Sumber https://www.iospedia.net/