Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Sistem Operasi Gres Di Virtualbox

Sistem Operasi ialah sebuah software yang berfungsi untuk mengaktivkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer supaya sanggup berjalan dan digunakan untuk kebutuhan penguna dalam mengoprasikan. Jika tidak ada sistem operasi maka insan tidak akan sanggup mengunakanya dengan maksimal. Sebuah Komputer berjalan alasannya ialah adanya hardware, software, dan brandware. Hardware sebagai pcnya, software sebagai sistem operasinya sedangkan brandware sebagai menusia yang mengunakanya.

Di topik sebelumnya aku sudah membahas ihwal Pengertian dan Fungsi dari VirtualBox. Kali ini aku akan membahas ihwal bagimana cara menciptakan sistem operasi gres di Virtualbox. Untuk lebih jelasnya mari lihat tutorial dibawah ini :

Alat dan Bahan
1. Laptop atapun PC
2. Software Virtualbox
3. ISO Sistem Operasi.

Tutorial Cara menciptakan sistem operasi gres di Virtualbox
1. Masuk ke aplikasi virtualbox pilih dibagian pojok kiri atas goresan pena gres atau new untuk menciptakan dan berikan nama sebagai penanda dan versi type 32 bit atapun 64 bit yang digunakan. Seperti ini gambarnya. Next..

2. Setelah itu pilih RAM yang inggin digunakan pastikan RAM ridak melebiha warna merah, alasannya ialah jikalau melebiha nantinya akan terjadi error ketika instalasi. Lalu Next..

3. Bagian selanjutnya ialah pengaturan media penyimpanan hardisk yang akan digunakan. Ada 3 opsi pilihan :
  • Opsi 1 " Do not add a Virtual Hard disk" artinya digunakan untuk penguna tingkat mahir, alasannya ialah hard disk virtual aka dibentuk dalam pengaturan terpisah dalam sistem pembuata sebuah sistem virtual.
  • Opsi 2 "Create a virtual hard disk now" arinya digunakan untuk menciptakan hard disk virtual baru. Saya memlih opsi 2 alasannya ialah aku ingin menciptakan sistem operasi gres dari awal.
  • Opsi 3 "Use an existing virtual disk" digunakan untuk menentukan hard disk virtual yang sudah ada. Atau biasanya sistem operasi virtual sudah diinstall dan menentukan opsi 3 untuk dibuka.

4. Bagian ini untuk menentukan ekstensi file hard disk yang ingin digunakan. Standar viatualbox mengunakan format VDI disingkat Virtualbox Disk Images. Dan aku menentukan VDI alasannya ialah filenya berbentuk ISO images.

5. Langkah selanjutnya ialah menentukan bagaimana hard disk virtual yang akan dibentuk tersebut disimpan pada hard disk fisik. Terdapat dua Opsi yaitu :
  • Opsi 1 "Dynamically Allocated" kapasitas hard disk fisik akan digunakan untuk menurut beberapa kapasitas hard disk virtual yang sudah terpakai dan tidak menurut ukuran hard disk virtual yang ditentukan. Saya menentukan Opsi 1.
  • Opsi 2 "Fixed Size" Kapasitas hard disk fisik akan digunakan menurut ukuran kapasitas hard disk virtual yang dibentuk , walupun kapasitas hard disk virtual masih kosong.

6. Selanjutnya menentukan nama folder kawasan lokasi penyimpanan file mesin virtual dan menentukan ukuran penyimpanan pada sistem operasi yang diinstall. Next..

7. Setelah itu tambahkan ISO dvd yang inggin digunakan referensi gambar ikuti langkah menyerupai dibawah ini.

Setelah itu jikalau ingin melaksanakan proses instalasi klik tombol start warna hijau..
Sekian dari pembahas Cara Membuat Sistem Operasi Baru di VirtualBox semoga bermanfaat...