Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jaringan Pada Host-Only Adaptor Di Virtualbox

Host Only adaptor pada virtualbox ialah sebuah interface pada virtualbox yang dipakai untuk mennghubungkan komputer guest ke komputer host. Sekarang Virtualbox banyak dipakai untuk materi pelajaran khususnya untuk kalangan siswa teknik komputer dan jaringan atapun mahasiswa jurusan informatika. Banyak sekali permasalahan yang terjadi pada virtualbox tetapi tidak tau cara mengatasinya. Kali ini aku akan membahas ihwal cara mengatasi Jaringan pada Host Only adaptor pada Virtualbox.

Penyebab permasalahan yang sering muncul pada Network Host-Only Adaptor ialah sebagai berikut :

1. Komputer Guest tidak sanggup terhubung ke internet dari komputer host orisinil atau sebaliknya.
2. Komputer simulasi virtualbox tidak sanggup nge PING ke komputer host orisinil atau sebaliknya.
3. Host Only adaptor terjadi kress alasannya ialah bertubrukan dengan host only adaptor lainya.
4. Interface Host Only adaptor belum di aktifkan.
5. Network Interface yang terhubung ke internet belum di Share.
6. Host IP address pada Host Only Adaptor belum di setting.

Cara Mengatasi  Permasalahan pada Host Only Adaptor di Virtualbox adalah sebagai berikut :

1. Pastikan komputer guest sudah menyela dengan baik dan tidak pernah terjadi kerusakan.
2. Bagaimana cara mengatasi Virtualbox Host Only Adaptor tidak terdeteksi. Cek Pastikan apakah Network Interface sudah ada dan drivernya sudah diinstall atau belum. Cara mengeceknya menyerupai gambar dibawah ini.

3. Bagaimana cara mengatasi jaringan virtualbox tidak terhubung ke internet. Biasanya Internet pada Host Only adaptor tidak terhubung, cek dibagian interface yang terhubung ke intenet apakah sudah di share apa belum. Caranya masuk ke network interface klik kanan pilih properti kemudian pilih share kemudian centang allow other network dan pilih interface virtualbox menyerupai gambar dibawah ini.

 4. Bagamina caranya setting ip address di virtualbox supaya sanggup terhubung. Cek apakah ip address pada virtualbox sudah disetting dengan benar. Pernting dikala kalian menciptakan sebuah virtual gres maka ip address pertama terkoneksi secara dhcp server. Biasanya Virtual Host Only adaptor memakai setingan manual. Cara settingnya masuk ke virtualbox dan ikuti lihat gambar dibawah ini.
5. Bagaimana caranya supaya Virtual Host Only Adaptor sanggup dihubungkan ke mesin virtual lainya. Cara Tambahkan Internal Network pada guest lainya. Seperti gambar dibawah ini aku mengaktifkan host ony adaptor dan memperlihatkan internal network menyerupai ini.



Semoga sanggup membantu kalian yang sedang ngonfix atapun yang sedang mendapat kiprah alasannya ialah terkendala terjadi permasalahan pada jaringan virtual host only adaptor. !!! Thanks Sudah Membaca..