Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus File Atau Folder Yang Tidak Dapat Dihapus

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus - Mungkin anda pernah mengalami kesulitan untuk menghapus file atau folder pada harddisk komputer/laptop maupun flashdisk. Artinya file atau folder tersebut sama sekali tidak sanggup anda hapus sebagaimana yang biasa anda lakukan dengan klik kanan kemudian menentukan Delete. Apapun sistem operasi yang dipakai baik Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, atau Windows 10, saya yakin anda niscaya pernah mengalaminya. Hal pertama yang terpikirkan oleh otak anda, file atau folder tersebut tidak sanggup dihapus dengan cara biasa niscaya alasannya yakni ulah virus. Padahal tidak juga loh sobat.
Berikut beberapa penyebab file atau folder tidak sanggup dihapus, antara lain :
  1. File yang ingin dihapus masih aktif alasannya yakni sedang dipakai pada sebuah program.
  2. File atau folder mempunyai permissions yang kuat.
  3. File sedang dipakai pengguna lain, jikalau komputer/laptop Anda terdiri dari beberapa User Accounts atau komputer dalam satu jaringan LAN ibarat di warnet.

Selain ketiga penyebab diatas, pada ketika sebuah file mengalami kerusakkan hal ini juga akan menjadi penyebabnya, biasanya Windows akan melindungi ekstensi sebuah file pada ketika akan dihapus. Windows akan menampilkan pesan error yang menyampaikan bahwa "File tidak sanggup dihapus alasannya yakni sedang digunakan". Bahkan, sehabis komputer di-restart pun dan mencoba menghapus file tersebut, pesan tersebut akan tetap tampil.
Nah, solusi untuk menangani problem ini mempunyai banyak cara mulai dari memakai tekhnik-tekhnik tertentu (manual) hingga harus memakai beberapa software/aplikasi yang harus diinstall ke komputer/laptop.

Bagaimana Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus pada Windows


Berhati-hatilah pada ketika mengubah file registry. Penghapusan atau pengubahan entry yang tidak sempurna akan menjadikan sistem pada komputer kalian bermasalah. Apabila anda sudah yakin file yang akan dihapus bukan file sistem atau registry dan tetap ingin memaksa Windows menghapus file tersebut, lakukan langkah berikut.

1. Mengganti User Account dari Guest ke Administrator
Ini merupakan langkah awal yang harus anda lakukan terlebih dahulu, alasannya yakni mungkin saja komputer/pc tersebut mempunyai user account lebih dari satu dan ketika membuka dan menghidupkan komputer/laptop anda masuk/login ke windows memakai user account selain user direktur yakni account guest. Pengguna yang masuk dengan user account dengan tipe guest tidak akan sanggup menghapus file atau folder yang berada didalam dirctory komputer, alasannya yakni hanya user direktur saja yang sanggup menghapus file atau folder yang ada dalam directory komputer. Silahkan cek dan jikalau ternyata anda memang masuk dengan user guest, lakukan Switch user untuk masuk ke windows dengan user account administrator. Namun jikalau anda merasa tidak pernah menciptakan user account lain selain administrator, maka penyebabnya bukan ini. Ikuti ke langkah selanjutnya.

2. Menutup Semua Program, Dokumen, dan Aplikasi yang sedang Berjalan
File atau folder tidak sanggup dihapus, hal ini terjadi alasannya yakni mungkin ada sebuah program, dokumen atau aplikasi yang bekerjasama dengan file tersebut sedang berjalan pada windows. Pada perkara ini biasanya akan muncul pesan " File In Use " ketika file yang sedang aktif pada sebuah kegiatan akan dihapus, ibarat gambar berikut.

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Gunakan Windows Task Manager untuk melihat kegiatan atau aplikasi yang bekerjasama dengan file yang akan dihapus, yang sedang berjalan pada windows. Jika sudah ketemu, silahkan drop program/aplikasi yang akan ditutup, kemudian klik End Task.

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus


Apabila langkah diatas masih gagal, Silahkan lakukan langkah berikut ini.
Restart komputer/laptop dan ketika komputer booting, tekan dan tahan tombol F8 untuk masuk ke dalam Windows Safe Mode. Pada dasarnya, kondisi safe mode tidak berbeda dengan Windows mode normal, hanya kualitas tampilannya di bawah Windows normal.

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Cari file yang ingin dihapus (sebelumnya tidak sanggup dihapus). Apabila berhasil menghapus file tersebut, restart kembali komputer untuk masuk kedalam windows mode normal.

4. Menggunakan Software/Aplikasi
Langkah ini yakni langkah selanjutnya yang harus anda lakukan jikalau langkah-langkah diatas masih gagal juga untuk menghapus file atau folder yang tidak sanggup dihapus. Mau tidak mau anda harus menginstall sebuah aplikasi yang dikhususkan untuk menangani problem ini. Anda sanggup menentukan 2 aplikasi gratis, ibarat Software Unlocker dan Software Iobit Unlocker untuk mengatasinya. Menurut pengalaman saya dan orang-orang, aplikasi ini selalu sukses menghapus file atau folder yang tidak sanggup dihapus.

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus


5. Install Ulang Windows
Silahkan baca Cara Installasi Windows 7 Lengkap dengan Gambar untuk melihat panduannya.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara menghapus file atau folder yang tidak sanggup dihapus dengan cara biasa. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/