Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengalihkan Url Halaman Error 404 Ke Homepage

Cara Mengalihkan / Redirect URL Halaman Error 404 ke Homepage - Sudah bukan diam-diam lagi URL Halaman error 404 / broken link memang sering terjadi ketika pemilik blog melaksanakan kesalahan ibarat salah mengetikan alamat url dari satu halaman menuju halaman lain dan artikel yang sudah terlanjur dipublikasikan/diposting dan sudah terindeks oleh mesin pencari google, tapi halaman tersebut dihapus oleh pemilik blog, sehingga ketika seorang pengunjung mengunjungi halaman tersebut yang mereka temukan hanyalah halaman error 404 not found. Selain itu sanggup juga disebabkan oleh perayapan mesin pencari yang keliru menterjemahkan URL artikel di blog.

Hal ini tentu saja akan menjadi persoalan yang cukup signifikan bagi pemilik blog lantaran jumlah visitor akan turun, Mengapa? Karena dimata para pengunjung / pembaca hal ini akan menciptakan blog tersebut terkesan kurang baik. Tidak hanya itu halaman error 404 page not found juga kuat dengan SEO sebuah blog, semakin banyak halaman error 404, semakin jelek pula gambaran blog tersebut pada mesin pencari dan webmaster google search console.

Anda tentunya tidak ingin persoalan itu terjadi pada blog yang dimiliki. Untuk mengatasi persoalan tersebut yang harus dilakukan ialah menghapus semua halaman rusak / broken link satu persatu pada Google Search Console Webmaster Tools atau meredirect halaman yang rusak ke halaman yang gres di blog melalui pengaturan setelan di dashboard blogger, itupun bila url halaman yang error jumlahnya sedikit, tetapi bagaimana bila jumlahnya banyak niscaya akan cukup memakan waktu.

Baca juga :



Atau anda sanggup melaksanakan cara lain yang lebih sederhana yaitu mengalihkan secara otomatis semua halaman yang rusak tersebut menuju homepage, menuju halaman sitemap, atau menuju halaman contact us dan meminta kepada pengunjung untuk melaporkan bila terdapat link yang rusak biar sanggup eksklusif memperbaikinya. Cara mengalihkan semua url halaman error page 404 not found secara otomatis cukup mudah, disini saya akan share 2 cara yang sanggup anda lakukan untuk mengatasinya. Silahkan simak langkah-langkah berikut.

Mengalihkan Semua URL Halaman Error 404 ke Homepage melalui Menu Setelan Blogger

1. Masuk ke akun blogger anda
2. Pilih sajian Setelan / Setting kemudian klik Preferensi penelusuran
3. Pada penggalan Kesalahan dan pengalihan klik "Edit" pada opsi Pesan Khusus untuk Halaman Tidak Ditemukan, ibarat gambar berikut


 Sudah bukan diam-diam lagi URL Halaman error  Cara Mengalihkan URL Halaman Error 404 ke Homepage

4. Masukkan script di bawah ini ke dalam kotak

<script type = "text/javascript">
my_redirect = setTimeout(function() {
window.location.href = 'https://bloglandai.blogspot.com';
}, 10);
</script>
Catatan : Ganti URL berwarna merah dengan URL blog anda
5. Terakhir klik tombol Simpan perubahan. Silahkan mencoba untuk membuka dengan mengetikkan URL sembarang, apakah berhasil atau tidak.

Mengalihkan Semua URL Halaman Error 404 ke Homepage melalui Edit HTML Template

1. Masih pada sajian akun blogger anda.
2. Pilih sajian Tema / Template
3. Tekan tombol Backup / Pulihkan yang terletak di pojok kanan atas untuk membackup full seluruh aba-aba template. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga bila terjadi kesalahan ketika melaksanakan mengedit aba-aba template
4. Jika sudah, silahkan tutup kembali, kemudian tekan tombol Edit HTML untuk membuka kotak editor aba-aba template
5. Temukan aba-aba </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; dengan cara klik sekali di dalam aba-aba template, kemudian tekan Ctrl+F pada keyboard untuk memunculkan kotak pencarian, kemudian masukkan aba-aba yang dicari
6. Apabila sudah ketemu letakkan aba-aba di bawah ini sempurna di atas aba-aba tersebut

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;;
</script>
</b:if>
7. Terakhir klik Simpan Tema atau Save Template.

Apabila anda ingin mengalihkan URL Halaman Error 404 ke halaman lain, silahkan gunakan kode-kode pilihan di bawah ini sesuai dengan keperluan anda.

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;URL-HALAMAN-LAIN-DISINI&quot;;
</script>
</b:if>

Catatan : Ganti goresan pena URL-HALAMAN-LAIN-DISINI dengan URL halaman yang anda inginkan

Contoh

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;https://bloglandai.blogspot.comp/site.html/&quot;;
</script>
</b:if>

atau halaman Contact Us

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;https://bloglandai.blogspot.comp/contact-us.html/&quot;;
</script>
</b:if>

Dengan memakai aba-aba pengalihan url halaman error 404 menuju halaman lain yang masih aktif, maka akan mengalihkan tujuan pengunjung ketika pengunjung meng-klik link rusak atau mengetikkan url halaman yang salah ke halaman lain yang diinginkan pemilik blog, sehingga sanggup mengurangi resiko memberi impian palsu ke pengunjung ketika mendapat link yang sudah tidak aktif atau rusak.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara mengalihkan URL halaman error 404 ke Homepage. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/