Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Ads.Txt Di Blogger Atau Blogspot

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot - Ads.txt atau Authorized Digital Sellers yaitu konsep inisiatif dari Interactive Advertising Bureau (IAB) untuk membantu memastikan inventaris iklan digital anda hanya dijual melalui kawan resmi (seperti AdSense) yang telah anda identifikasi. Artinya bahwa kita menawarkan izin pada pihak tertentu ibarat Adsense untuk menjual iklan di situs kita sehingga sanggup mencegah invalid activity.

Jika dilihat dari klarifikasi di atas, seorang blogger sangat perlu memasang atau mengaktifkan ads.txt ini pada blog, alasannya yaitu dengan memasang atau mengaktifkan ads.txt anda telah memastikan kepada pihak pengiklan bahwa website atau blog anda merupakan kawan resmi. Sehingga mereka tidak perlu khawatir untuk memasang iklannya. Atau dalam Google Adsense, mereka bebas membuka lelang ke website atau blog.

Untuk blogger yang mendaftar Google AdSense melalui dahsboard blogger dengan akun yang sama dengan akun blogger tampaknya tidak perlu lagi memasang atau mengaktifkan ads.txt ini di dashboard blog, alasannya yaitu sudah aktif secara otomatis. Namun untuk blogger yang mendaftar Google AdSense memakai akun yang berbeda dengan akun blogger, akan keluar sebuah warning pada beranda akun Google AdSense ibarat gambar di bawah ini.

 untuk membantu memastikan inventaris iklan digital anda hanya dijual melalui kawan resmi  Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot

Oleh alasannya yaitu itu anda wajib untuk memasang atau mengaktikan Ads.txt ini secara manual pada fitur Preferensi penelusuran - Monetasi di dashboard blogger yang mereka miliki, yang telah dirilis pada tanggal 31 Januari 2018 kemudian oleh Blogger.

Untuk mengetahui apakah Ads.txt pada blog sudah aktif atau belum, anda sanggup cek dengan mengetikkan link berikut pada address browser anda.

https://domainAnda.com/ads.txt
Apabila sudah aktif, akan muncul goresan pena yang berisi ID Penayang Google AdSense milik anda ibarat berikut, dan apabila belum aktif makan akan muncul goresan pena Error 404. Terkadang berdasarkan yang saya baca di Google, muncul goresan pena yang dimaksud tapi dengan ID Penayang yang berbeda.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Bagi anda yang mendapat warning pada dashboard akun Google AdSense atau yang belum aktif Ads.txtnya, anda harus segera memasang atau mengaktifkannya. Karena bila tidak, maka iklan di blog atau website anda akan hilang atau blank atau dinonaktifkan sementara oleh pihak GA (Google AdSense). Lalu Bagaimana Langkah-langkah Memasang atau Mengaktifkan Ads.txt di Blogger?

Baca juga :

Cara Memasang atau Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot

Jika mendapat warning yang berisi himbauan untuk mengaktifkan Ads.txt pada dashboard akun GA anda, maka segeralah untuk mengaktifkannya. Karena dampaknya ada pada pendapatan GA anda. Jika sudah terlambat mengaktifkannya, maka pihak google akan menampilkan iklan yang hilang atau blank sehabis 24 jam kemudian.

Bagi pengguna Blogger atau Blogspot caranya sangat mudah. Namun sebelum ke bab pemasangan, hal pertama yang harus dilakukan yaitu menciptakan file ads.txt dengan format sebagai berikut. Atau anda sanggup melihatnya biar lebih terpercaya pada link https://support.google.com/adsense/answer/7532444?hl=id

Kode di atas merupakan gosip 4 data yang penting.
Filed pertama Google.com yaitu nama domain dari sistem periklanan (wajib). Nama domain kanonis sistem SSP, bursa, header wrapper, dsb., daerah bidder terhubung. Hal ini mungkin berupa domain operasional sistem, bila berbeda dengan domain perusahaan induk, untuk memfasilitasi pencarian IP balik dan WHOIS guna menetapkan kepemilikan sistem delegasi yang jelas. Idealnya, SSP atau bursa memublikasikan dokumen yang menjelaskan nama domain yang akan digunakan. Untuk akun penjual Google, nama domain akan selalu google.com.

Field kedua ID akun penayang adalah ID yang terkait dengan akun penjual atau reseller dalam sistem periklanan. ID penayangan yang dimasukkan yaitu harus sama dengan ID penayang akun Google AdSense milik anda. untuk menemukan ID ini silahkan anda login ke akun GA >> Pilih dan klik Akun >> kemudian Informasi akun. Selain itu anda juga sanggup menemukan ID ini pada dashboard blogger, pada sajian blogger pilih Penghasilan.

 untuk membantu memastikan inventaris iklan digital anda hanya dijual melalui kawan resmi  Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot


Field ketiga jenis akun/hubungan atau format kolaborasi (wajib). Ada dua jenis yang biasa dipakai yakni DIRECT dan RESELLER. Direct khusus untuk penayang iklan yang berafiliasi dengan sistem periklanan langsung. Seperti Google Adsense. Memasukkan Direct berarti menjalin kerjasama eksklusif tanpa kontrol penuh untuk iklan yang ditayangkan. Sedangkan memasukkan Reseller sebaliknya. Kita sanggup mengontrol iklan dan menawarkan jalan masuk ke pihak ketiga yang hendak memasang iklan. Layanan DFP dan Ad Exchange lebih sempurna untuk ini.

Field keempat ID otoritas akta (opsional). ID yang mengidentifikasi sistem iklan dalam otoritas akta secara unik. Otoritas akta dikala ini yaitu Trustworthy Accountability Group (TAG), dan ID TAG akan disertakan di sini. Untuk akun penjual Google, ID TAG-nya yaitu f08c47fec0942fa0 ibarat pola di atas.

Setelah mengganti ID Penayang pada isyarat di atas dengan ID penayang milik anda, selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu meng-copy paste isyarat yang sudah jadi ke bab Monetasi pada setelan dashboard blogger anda. Berikut langkah-langkahnya.

Login ke akun Blogger anda, pada Dashboard blogger >> Pilih Setting/Setelan >> Tampil sajian dropdown silahkan pilih Preferensi penelusuran/Search Preferences >> alihkan pandangan anda ke bilah sebelah kanan, scroll ke bawah pada bab Monetasi/Monetization >> ads.txt kustom >> klik Edit dan sehabis terbuka copy paste isyarat ke dalam kotak yang tersedia, kemudia klik Simpan perubahan. Sehingga status yang tadinya Dinonaktifkan menjadi Diaktifkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut.

 untuk membantu memastikan inventaris iklan digital anda hanya dijual melalui kawan resmi  Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot


Untuk anda yang sudah mendapat warning pada dashboard akun GA dan masih merasa ragu untuk mengaktifkan ads.txt ini pada blog, sebaiknya anda segera mengaktifkan ads.txt pada blog untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana cara memasang dan mengaktifkan Ads.txt di Blogger. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/