Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama-Nama Pintu Masjidil Haram Yang Perlu Kau Ketahui

pintu-pintu mesjidil haram yang perlu kau ketahui.

Pintu yaitu sarana tempat seseorang untuk memasuki suatu daerah yang tertentu,, menyerupai ruangan rumah, tempat ibadah,dan lain lainya. Pintu yaitu hal penting dari bangunan,, tampa pintu,,agan akan kesulitan untuk memasuki suatu ruang yang akan agan masuki,,

Nahh,, kali ini admin akan menyebut kan nama-nama pintu mesjidil haram di mekah yang perlu kau ketahui bagi kaum muslim,, terlebih-lebih bagi kau yang akan pergi ketanah suci mekah al-kharamah,,sementara kau hanya mengetahui bahwa itu yaitu pintu masuk ke mesjidil haram saja tanpa tau nama - namaya tersebut,, kemudian apa nama nya,, cuba baca gan yang aku tulis di bawah ini,, tampa pajang lebar semoga agan tau itu nama pintu :

1). Pintu salam(baabussalaam)

Apa bila orang pertama kali hendak memasuki masjid haram dan akan melaksanakan thawaf di baitullah, di sunatkan terlebih dahulu melewati pintu (bab) Assalam (baabussalaam), yang mana letaknya sebelah timur bahari dari ka'bah.
Dan di bawah ini doa sebelum melangkah kaki ke baabussalaam, di sunatkan berdoa :


2). Pintu bani syaibah(baab bani syaibah)

Pintu bani syaibah (babussyaibah) ini pada waktu kini sudah tidak ada lagi, alasannya sudah termasuk dalam ekspansi lingkungan tawaf. Namun bila melihat kelantai di akrab mimbar, maka kelihatan bekasnya di beri marmar hijau. Maka bila hendak melalui babussyaibah, malangkah ke lantai yang bekerjsama hijau ini dan anggaplah kita telah meliwati pintu babussyaibah.

3). Pintu shafa (baabusshafa)

Apabila final melaksanakan thawaf qudum /ifdhah atau thawaf umrah, pada umumnya mereka akan melewati pintu shafa (babusshafa), di sebelah tenggara mesjidil haram ,karena dari pintu tersebut . Orang akan pribadi menuju bukit shafa untuk melaksanakan sa'i. Dinamakan babusshafa alasannya dari pintu itu orang keluar menuju bukit shafa.

Babusshafa ini pernah menentukan, siapa yang akan menjadi hakim dalam perselisihan antara suku-suku kabilah arab, dan berhak menempatkan hajar aswad ketempat semula.

4). Pintu ibnu su-ud (babussu'ud)

Bila kita tiba dari arah kampung jiyad ,atau dari sebelah barat daya dari mesjidil haram, maka kita akan meliwati pintu yang di kenal dengan nama pintu ibnu su-ud (babussu'ud).  Dinama pintu ibnu su-ud sebagai penghormatan pada raja ibnu su'ud.
Di akrab pintu tersebut dibagian dalam masjid haram terdapat kantor polisi masjidil haram, yang menampung masalah-masalah jikalau ada hal hal yang terjadi di lingkungan masjidil haram.

5). Pintu umrah (baabul umrah)

Letaknya pintu umrah babul umrah yaitu terletak dari arah barat dari mesjidil haram, bila orang tiba dari arah sugussoghir atau dari jarwal akan masuk mesjidil haram dari pintu umrah (babul umrah)

Pintu itu di namakan sedemikian alasannya orang yang melaksanakan umrah, biasanya masuk dari pintu umrah (babul umrah) yang kemudian melaksanakan thawaf.

Nahh,, gan demikian lah nama - nama pintu mesjidil haram yang perlu kau ketahui bukan hanya memasuki atau melewati saja, namun se iring ekspansi mesjidil haram tersebut,, mungkin ada yang hilang dan ada yang masih utuh. Semoga bermanfaat gan.