Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Beli Domain Murah Sembarangan, Bahaya!!

Sekarang pada artikel ini saya akan membahas mengenai "Jangan Membeli Domain Murah Sembarangan, Bahaya!!", mengapa begitu? Sebelum saya membahas alasannya Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud pada judul artikel yang saya bahas ini.

Apa Maksud Jangan Beli Domain Murah Sembarangan?

Sekarang pada artikel ini saya akan membahas mengenai  Jangan Beli Domain Murah Sembarangan, Bahaya!!
Nah yang saya maksudkan jangan beli domain murah sembarangan disini ialah janganlah Anda membeli domain dari reseller atau orang yang tidak terang yang biasanya suka mempromosikan pada forum-forum ataupun grup blogger contohnya di facebook. Suka ada yang menyampaikan "Jual domain .com, .net, .info ataupun lainnya 1 tahun harga sama 50k". Nah dan biasanya harganya itu niscaya 50k, apabila Anda belum tahu yang dimaksud 50k disini ialah Rp. 50.000 atau biasnya suka dapat lewat pulsa dengan menyebutkan nama operatornya.

Baca artikel sebelumnya "Cara Mengatasi Author dan Deskripsi Blog XXXXX pada Facebook"

Siapa yang Jual Domain Murah Begitu?

Pada pertanyaan inilah yang menjadi permasalahan, mengapa begitu? Karena yang menjual domain murah ialah kebanyakan orang bukan suatu perusahaan. Karena sudah niscaya apabila Anda membeli di perusahaan meskipun murah tapi saya yakin keamanannya terjamin. Sedangkan yang saya bahas disini melainkan yang membeli dari orang lagi dan kebanyakan apabila ada duduk kasus pada domain tersebut maka jarang sekali atau bahkan tidak bertanggung jawab atas domain yang dibeli pada dirinya.

Lalu Mengapa Jangan Membeli Domain Murah Seperti Itu?

Sekarang masuk pada pokok permasalahan kenapa jangan membeli domain murah sembarangan? Karena kebanyakan domain yang membeli bukan dari perusahaan mirip IDwebhost, NiagaHoster ataupun perusahaan lainnya. Melainkan membeli dari perorangan yang saya jelaskan tadi, domain yang dibeli gres satu hingga tiga bulan saja sudah tidak dapat diakses dan ditanyakan pada penjualnya pun suka menghilang tidak bertanggung jawab. Saya bicara begini sebab banyak teman di facebook yang membeli domain murah pada perorangan dan gres 3 bulan saja sudah tidak dapat diakses mirip yang saya sebutkan barusan.

Namun apabila Anda sudah tanggung membeli domain murah dari perorangan tersebut, ya berdoalah mudah-mudahan domain yang dibeli dapat aktif satu tahun atau hingga waktunya. Tetapi jangan hingga kembali membeli domain pada perorangan.

Baca juga "5 Tips Harus Dilakukan Setelah Posting Artikel"

Tips Tentang Domain

Supaya Anda tidak terjadi mirip duduk kasus diatas yang saya jelaskan, saya mempunyai saran untuk Anda sebelum mau membeli domain untuk blog Anda ataupun yang sudah membeli domain.

1. Domain Itu Penting!

Anda harus ingat Domain untuk blog/website itu sangat penting, sebab domain ialah alamat situs Anda dan apabila diibaratkan contohnya alamat rumah dan apabila alamatnya berganti-ganti sudah niscaya teman atau orang lain akan pusing mencari Anda sebab alamatnya pindah-pindah. Pada domain pun sama apabila Anda membeli domain dari mana saja mirip perorangan maka mungkin hanya akan mempunyai kegunaan ketika membelinya saja contohnya satu tahun, maka untuk tahun berikutnya belum tentu Anda akan membeli lagi kepada orang tersebut dan apabila orangnya memang masih dapat dihubungi, jika tidak kan susah.

2. Beli Domain Pada Situs Perusahaan Terpercaya

Apabila Anda akan membeli domain maka beli lah di situs terpercaya ataupun yang berupa perusahaan besar mirip IDwebhost, NiagaHoster dan perusahaan terpercaya lainnya. Karena selain terpercaya, keamanan pun niscaya akan terjaga dan apabila ada duduk kasus pun sudah niscaya kita hanya perlu komplain ke customer service pada situsnya dan sudah niscaya bergaransi sebab memang harus bertanggung jawab semoga customer pun bahagia dan dapat percaya dan memperpanjang domainnya kembali pada perusahaannya.

Baca juga "3 Tahap Cara Mengganti Domain BLOGSPOT menjadi Domain TLD"

3. Perpanjang Domain

Setelah yang saya sebutkan pada poin pertama yaitu domain itu penting, maka dari itu perpanjanglah domain untuk blog/website Anda dan jauhilah untuk berganti-ganti domain. Karena apabila Anda mengganti domain sesuai yang saya sebutkan pada poin pertama apabila berpindah domain (alamat) maka pengunjung pun akan pusing untuk mencari blog/website Anda terlebih lagi apabila tidak diatur untuk otomatis dialihkan ke domain yang gres dan pada pencarian google dan peringkat alexa pun akan terganggu dan menurun drastis. Maka dari itu lebih disarankan untuk terus memperpanjang domain daripada membeli/daftar yang gres lagi.

4. Jangan Pakai Domain TLD Gratis

Ini yang sering terjadi terutama pada seorang blogger pemula yaitu menggunakan domain TLD gratis. Memang dari segi biaya paling pas tapi dari segi kelebihannya hanya gampang diingat dan mungkin sedikit terlihat professional tapi banyak kekurangannya, dimulai dari domain yang sedikit pilihan yaitu .tk, .ga dan lainnya, hanya dapat digunakan 12 bulan (1 tahun) dan apabila server down kita mau protes pada siapa? Dikasih yang gratis saja sudah untung malah pengen protes. Maka dari itu jauh-jauhilah untuk menggunakan domain yang gratis, Anda boleh menggunakan domain gratis apabila untuk percobaan saja. Ada yang berbayar kenapa harus yang gratis itulah kata-kata yang harus diterapkan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel saya kali ini apabila Anda ingin membeli sebuah domain, berhati-hatilah lihat terlebih dahulu wacana orang yang menjual atau perusahaan, latar belakangnya, testimoni, apakah sudah terpercaya atau tidak, kondusif atau tidak. Itulah yang harus Anda lakukan sebelum membeli domain untuk blog/situs Anda, sebab dalam hal ini hanya kepercayaanlah yang kita punya ini. Apabila Anda sudah membeli domain ada hal yang harus dilakukan sesudah blog Anda menjadi Domain TLD.

Baca juga "Tips Menulis Artikel Yang Berkualitas dan SEO Friendly"

Begitulah artikel saya kali ini yang membahas mengenai "Jangan Beli Domain Murah Sembarangan, Bahaya!!", apabila Anda kurang oke dengan artikel saya ini itu tidak apa-apa sebab Anda berhak menentukan pilihan Anda sendiri. Namun hargailah apabila artikel ini apabila Anda juga seorang penulis. Terima kasih.
Sumber http://www.bloggars.com/