Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Kemudian Mati

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati - Permasalahan yang terjadi pada perangkat komputer memang sangat beragam, dari duduk kasus yang sederhana hingga dengan duduk kasus yang berat. Semua permasalahan yang sanggup terjadi pada komputer terkadang menciptakan para pengguna harus memutar otak untuk menuntaskan permasalahannya. Banyak pengguna komputer sering kali menemui masalah komputer arror dengan tanda-tanda komputer nyala sebentar namun mati lagi selang beberapa detik dan kadang tidak hingga satu detik. Beberapa diantaranya sanggup diatasi dengan cara yang cukup gampang dan murah. Kasus komputer sehabis menekan tombol power, komputer nyala sebentar dan mati lagi ibarat yang akan dibahas kali ini penyebabnya cukup beragam, mulai dari masalah seperti korsleting listrik atau apapun hingga duduk kasus hardware serius.

Apa anda mengalami duduk kasus tersebut? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut secara berurut dengan seksama. Berikut alat-alat yang dipakai untuk melaksanakan penyelesaian duduk kasus ini.

  • Obeng
  • Sumber arus listrik
  • Satu unit PC yang masih berjalan normal (tidak rusak) dengan tipe yang sama

Cara mengetahui dan mengatasi permasalahan komputer yang error dengan tanda-tanda nyala sebentar kemudian mati

1. Untuk langkah pertama coba baca panduan bunyi bunyi Beep, dengan perkiraan Anda mendengar bunyi beep tersebut. isyarat bunyi beep untuk tiap vendor motherboard berbeda-beda lantaran bios yang mereka gunakan berbeda. contohnya untuk komputer yang berjalan normal terdengar bunyi beep pendek sekali sehabis kita nyalakan. bunyi beep panjang terus menerus sanggup mengambarkan vga kita yang bermasalah, dan seterusnya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel berjudul Mendeteksi Kerusakan Hardware Komputer Melalui Suara Beep Speaker

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

Namun bila anda tidak mendengarkan bunyi beep yang tidak normal, anda sanggup lanjut membaca ke langkah-langkah berikutnya.

2. Langkah kedua yang harus dilakukan adalah membersihkan kepingan dalam komputer dari kotoran debu, lantaran ibarat yang diketahui tahu bahwa abu sanggup menjadikan beberapa permasalahan komputer yang kadang tidak diketahui penyebabnya. Setelah itu nyalakan komputer, tetapi balasannya komputer tetap menyala sebentar kemudian mati, lanjut ke langkah berikutnya.

3. Langkah ketiga adalah mengecek PSU ( Power Supply Unit ). Karena tidak mempunyai alat pendeteksi kerusakan power supply, langkah sederhana yang sanggup diambil yaitu dengan melaksanakan jumper pada pin konektor 20/24 pada power supply. Tujuannya yaitu untuk memastikan apakah power supply tersebut  masih bekerja atau sudah rusak (mati). Untuk melaksanakan jumper pada pin power supply silahkan baca artikel berjudul Cara Mengecek Power Supply Rusak atau Tidak sebagai panduannya.

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

Dengan melaksanakan test jumper pin pada PSU, meskipun kipas berputar normal belum tentu PSU tersebut betul-betul normal lantaran mungkin ada kerusakan pada komponen dalam PSU.
Jika anda tidak mempunyai Avometer untuk mengecek kerusakan PSU, maka untuk lebih mudahnya silahkan gunakan power supply komputer yang masih normal yang sudah anda siapkan untuk testing motherboard. Jika motherboard sanggup nyala normal maka dipastikan PSU lah yang menjadi penyebabnya. Silahkan beli PSU yang masih normal dengan pin dan daya yang cukup untuk motherboard anda.
Namun Setelah melaksanakan jumper ternyata kipas power supply masih menyala dan atau PSU diganti dengan PSU yang normal permasalahanya belum teratasi, itu berarti kerusakannya bukan pada PSU, jadi silahkan ikuti langkah selanjutnya.

4. Langkah keempat yaitu mengecek RAM. Untuk mengetahui apakah RAM yaitu penyebab duduk kasus ini, coba anda lepaskan kepingan RAM yang tertancap pada soket RAM di Motherboard. Jika sudah dilepaskan, hidupkan komputer anda. Apabila komputer menyala terus menerus tidak mati lagi dan mengeluarkan bunyi beep panjang (keluar bunyi beep panjang lantaran tidak ada RAM yang tertancap), itu berarti masalahnya ada pada kepingan RAM. Bersihkan pin RAM berwarna kuning dengan memakai penghapus. Untuk lebih lengkapnya bagaimana proses membersihkan RAM dengan penghapus pensil, silahkan baca artikel berjudul Membersihkan Pin RAM dengan Penghapus sebagai panduannya.

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

Pin RAM sudah dirasa bersih, tancapkan kembali kepingan RAM ke motherboard. Atau anda sanggup mengganti RAM dengan RAM yang baru, bila RAM yang usang memang mengalami kerusakan.
Namun apabila, saat sehabis melepaskan kepingan RAM dari motherboard dan dihidupkan, komputer masih tetap nyala sebentar dan mati lagi, silahkan ikuti langkah selanjutnya.

5. Langkah kelima yaitu menilik switch tombol power. Switch tombol power pada casing komputer yang mengalami korsleting terkadang menjadi penyebab komputer nyala sebentar kemudian mati. Cara memeriksanya yakni dengan melepas konektor tombol power yang tertancap pada motherboard. Kemudian coba nyalakan dengan memakai obeng, caranya dengan menghubungkan 2 kaki daerah menancapnya konektor tombol power pada motherboard tadi dengan obeng. Jika masalahnya belum teratasi lanjut ke langkah berikutnya.

6. Langkah keenam yaitu cek pasta pada Processor. Berkurangnya atau menegringnya pasta pada processor sanggup saja menjadi penyebab duduk kasus komputer nyala sebentar kemudian mati, lantaran processor yang mengalami kepanasan berlebihan atau overheating. Untuk melakukannya, buka pengait processor, kemudian bersihkan sisa pasta pada processor kemudian tambahkan pasta gres pada processor. Terakhir tutup pengait processor.

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

Apabila langkah ini sudah dilakukan dan komputer tetap mengalami duduk kasus yang sama, kemungkinan processor sudah rusak, untuk mengetahui apakah perangkat ini sudah rusak atau tidak, coba pasang processor pada komputer normal ke motherboard komputer yang mengalami masalah. Jangan lupa untuk menambahkan pasta dan memasang kembali kipas pendingin processor.

7. Jika langkah di atas belum sanggup mengatasi permasalahannya, silahkan lanjut ke langkah ketujuh, yakni menilik VGA Card. Akhir-akhir ini saya menemukan ilmu gres dari sobat yang ahli, ternyata VGA Card yang error juga menjadi salah satu penyebab komputer nyala sebentar kemudian mati lagi. Pada motherboard yang tidak mempunyai onboard VGA alias memakai VGA eksternal, bersihkan juga pin VGA dengan penghapus dan coba pasang kembali.

Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati Mengatasi Komputer Nyala Sebentar Lalu Mati

VGA Onboard error, ini yang gres saja saya temui pada motherboard yang mempunyai onboard VGA. Dengan masalah yang sama, VGA onboard yang error sanggup menjadikan komputer mengalami hal demikian. Dari beberapa klarifikasi master, komputer yang nyala sebentar kemudian mati lagi disebabkan lantaran adanya komponen yang konsleting atau error, salah satunya yaitu VGA dan soundcard.
Untuk mengatasi VGA onboard yang error Anda sanggup memasang VGA Eksternal pada motherboard Anda. Begitu pula bila permasalah terjadi pada soundcard yang error, silahkan pasang soundcard eksternal. Dengan memasang VGA/ Soundcard eksternal maka secara otomatis fungsi perangkat onboard akan terdissable dan motherboard sanggup nyala dengan normal.

Apabila semua langkah-langkah diatas sudah dilakukan, namun duduk kasus komputer nyala sebentar kemudian mati, maka sanggup dipastikan penyebab duduk kasus tersebut yaitu motherboard yang mengalami kerusakan.

8. Langkah kedelapan yaitu mengganti motherboard pada komputer yang mengalami duduk kasus dengan motherboard normal pada komputer normal yang anda siapkan tadi yang tipenya sama.

Langkah-langkah diatas yaitu langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi permasalahan komputer yang hidup atau nyala sebentar kemudian mati dan keberhasilan saya dalam mengatasi permasalahan ini yang saya temui yaitu pada langkah mengecek PSU, RAM dan motherboard.

Catatan : Apabila anda tidak mempunyai komputer lain yang masih normal dan mempunyai spesifikasi yang sama dengan komputer yang bermasalah, akan menjadikan anda tidak akan tahu komponen hardware mana yang mengalami kerusakan. Karena komputer normal tersebut dipakai untuk proses testing. Makara jalan terakhir yang sanggup anda lakukan yaitu mempercayakannya ke tukang service komputer profesional atau ke toko daerah anda membeli dan merakit PC anda.

Demikian tutorial sederhana mengenai bagaimana mengatasi komputer yang error dengan tanda-tanda komputer nyala sebentar kemudian mati. Semoga bermanfaat and " Happy Blogging "


Sumber https://harmansh.blogspot.com/