Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatur Waktu Mencar Ilmu Yang Paling Efektif Untuk Dipraktikan

 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan 5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan


Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan - Tiga tahun ke belakang dunia gaming sangat marak dan viral di masyarakat. Hampir seluruh anak muda mempunyai game di ponsel pintarnya. Tak terkecuali seorang pelajar.

Banyak sekali pelajar yang kecanduan game, sehingga lupa untuk belajar. Hal itu alasannya mereka tidak paham cara mengatur waktu belajarnya.

Mengelola waktu berguru yang efektif dan efisien memang susah. Banyak sekali godaan yang menjadikan seorang pelajar menjadi malas belajar. Misalnnya smartphone.

Menurut data yang dilansir daari id.priceprice.com, orang Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 8 jam 51 menit setiap harinya untuk selalu online di dunia maya. Angka yang begitu besar.

Satu hari 24 jam, dikurang 9 jam (dengan gadget) dan tidur 7 jam. Tinggal 8 jam.

Makara untuk mengelola sisa waktu tersebut harus dilakukan dengan baik. Dalam konteks pelajar, maka manfaatkan untuk belajar.

"Gimana sih bang cara administrasi waktu berguru yang baik?"

Artikel ini akan menawarkan panduan supaya kau sanggup memanfaatkan waktu untuk berguru dengan baik. Makara simak hingga tuntas ya.

5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan

Kelima cara di bawah ini sanggup kau praktikan dengan mudah. Kamu hanya butuh niat yang berpengaruh untuk melakukannya

1. Luangkan 15 Menit per Hari Untuk Membaca Materi

 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan 5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan


Tidak ada sesuatu di dunia ini yang muncul tiba-tiba. Semua hal besar di dunia ini bukan terjadi alasannya tiba-tiba. Semuanya terjadi alasannya adanya hal-hal kecil yang membuatnya menjadi hal besar.

Prinsip itulah yang saya taruh di poin pertama ini. Walaupun hanya berguru 15 tetapi itu akan lebih baik akhirnya dibanding yang tidak berguru sama sekali. 

Makara usahakan kau selalu membaca bahan minimal 15 menit sehari. Waktu 15 menit dipilih alasannya waktu tersebut tidak terlalu singkat dan tidak terlalu lama. 


Sediakan waktu 15 menit untuk berguru materi-materi dan jangan hingga diganggu oleh hal yang lain. Harus benar-benar fokus untuk belajar.

Keunggulan dari cara ini ialah kau tidak akan merasa terbebani oleh lamanya waktu belajar. Sehingga kau tidak akan merasa capek dan bosan untuk belajar.

Kelemahan dari cara ini ialah memerlukan tingkat kefokusan yang tinggi. Makara usahakan pikiranmu benar-benar hening dan tidak memikirkan hal apapun sebelum belajar.

Cara ini sangat cocok bagi kau seorang pelajar yang merasa cepat bosan ketika belajar. Selain itu cara ini juga cocok bagi kau yang aktif dalam organisasi yang cukup menguras waktu sehari-hari kamu.

2. Belajar Pagi-Pagi Buta.

 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan 5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan

Cara yang kedua ialah berguru ketika pagi-pagi buta atau waktu subuh. Cara berguru ini merupakan cara berguru yang paling efektif dan banyak digemari oleh para pelajar.

Bangunlah pagi sekitar pukul 04.00. Cuci muka terlebih dahulu dan minumlah segelas air putih. Persiapkan hati dan pikiran dan mulailah belajar.

Di waktu pagi menyerupai ini suasana masih sangat aman dan sangat tenang. Belum banyak distraksi atau gangguan yang akan membuyarkan fokus berguru kamu.


Selain itu kondisi pikiran kita sehabis berdiri pagi sanggup dibilang masih sangat kosong. Belum terisi dengan masalah-masalah yang lainnya. Sehingga otak kita akan lebih gampang untuk menyerap bahan yang dipelajari.

Keunggulan dari cara ini ialah suasana yang sangat aman dan menunjang kegiatan belajar. Selain itu otak juga masih fresh sehingga akan lebih gampang memahami bahan yang dipelajari.

Tapi untuk kau seorang yang mageran akan susah untuk melaksanakan kegiatan berguru di pagi hari buta sperti ini.

Cara berguru ini cocok buat kau yang tidak sanggup begadang. Cara ini juga cocok dipraktikan ketika kau akan menghadapi sebuah ujian.

3. Belajar 2 Sesi Per Hari

 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan 5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan

Jika kedua caara di atas cuman satu sesi berguru aja, beda dengan cara berikut ini. Ya, berguru dua sesi perhari.

Sesi I = 04.00-05.00
Sesi II= 10.00-11.00
Sesi III= 14.00-15.00
Sesi IV= 20.00-21.00

Kamu sanggup milih dua seksi dari keempat sesi tersebut. Sesuaikan dengan kesibukan dan harapan kau untuk belajar. Tapi harus disiplin ya, ketika sudah menentukan dua sesi maka lakukan dengan tidak menunda-nunda.

Bekajar dua sesi menyerupai ini cocok sekali buat kau yang ingin mempersiapkan kuis atau sekedar ingin memperdalam materi. Porsi waktu yang semakin banyak juga akan membantu kamuuntuk mempelajari bahan lebih dalam lagi.

Kekurangan dari cara ini ialah adalah ketika ada hal mendadak yang harus dilakukan pada jam berguru yang sudah kita pilih. Misal sudah milih mau berguru jam 14.00 - 15.00. Ternyata ada keperluan mendadak buat nganterin ibu pergi kondangan. Otomatis kegiatan harus dirubah lagi dan mood berguru juga tentu akan berubah.

4. Membuat Jadwal Belajar Kelompok Setiap Minggu

 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan 5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan

Ketika kita berguru sendiri niscaya ada suatu bahan yang kita belum pahami. Nah, sebaiknya materi-materi yang belum dipahami tersebut dicatat. Kemudian bahan tersebut tanyakan kepada guru/dosen kamu.

Tetapi jikalau kau bukan tipe penanya di dalam kelas, maka bentuk dan buatlah kegiatan berguru kelompok setiap minggunya. Tidak perlu setiap hari, cukup sediakan waktu satu hari dalam seminggu untuk berguru kelompok.

Dengan berguru kelompok tentunya kau lebih leluasa untuk menanyakan hal-hal yang belum kau pahami kepada teman-teman kamu. Dan dengan berguru kelompok, niscaya kau akan menemukan tanggapan dari apa yang belum kau ketahui.

Cara berguru ini cocok banget buat kau yang kurang berani bertanya di dalam kelas kepada guru/dosen. Tetapi kekurangan dari cara mengatur waktu berguru menyerupai ini ialah untuk menentukan jadwalnya. Karena setiap orang mempunyai kesibukan masing-masing, jadi untuk mencari kegiatan berguru kelompok akan sedikit susah.

5. Belajar Setiap Hari dengan Intensitas Tinggi

 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan 5 Cara Mengatur Waktu Belajar yang Paling Efektif untuk Dipraktikan

Nah sanggup dibilang sih ini poin "gong"nya dari poin-poin di atas. Cara berguru yang satu ini menuntut kau untuk bekerja keras dan membutuhkan waktu yang lama.

Bukan hanya 15 menit saja, tetapi berjam-jam untuk belajar. Cara ini sangat cocok dilakukan ketika H-7 sebelum ujian selesai semester atau ujian lainnya. 

Untuk menghadapi ujian memang diharapkan persiapan yang matang. Lalu bagaimana cara mempersiapkan diri menghadapi ujian biar akhirnya maksimal ? Sudah saya bahas di artikel dengan judul Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Agar Menghasilkan Hasil Maksimal? Ternyata Ini 7 Rahasianya...

Makara berguru dengan intensitas tinggi butuh usaha lebih. Dituntut niat yang berpengaruh dan sifat pantang mengalah sebelum bahan dipahami dengan baik.

Kesimpulan

Makara itulah kelima cara mengatur waktu berguru yang paling efektif. Caranya yaitu dengan berguru 15 menit per hari, studi ketika pagi buta, dua sesi sehari, kelompokan, dan sinau dengan intensitas tinggi. Semuanya sanggup kau pilih sesuai dengan selera kau masing-masing.

Apakah kau punya pendapat yang lainnya? Silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih.

Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/