Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Server Dan Jenis Jenis Server Serta Fungsi Kegunaan

Pengertian Server

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan beberapa jenis layanan dalam sebuah jaringan komputer Client-Server. Server terdapat komponen-komponen yang digunakan untuk menyimpan data dan mengelola data yang disimpan mengunakan penyimpanan Hardisk.
adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan beberapa jenis layanan dalam sebuah jaringa Pengertian Server dan Jenis Jenis Server Serta Fungsi Kegunaan

Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yaitu sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak baik itu digunakan untuk mengontrol kanal terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.

Awal mula terbentuknya server niscaya ada komputer. Komputer yakni sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengolah suatu data, dan kemudian sanggup disimpan kedalam perangkat penyimpanan hardisk yang terdapat di dalam komputer.

Server merupakan komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol kanal terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Terbentuknya Client niscaya ada Server.

Server tidak akan berjalan tanpa adanya komponen-komponen komputer, adapun tiga komponen komputer antara lain :
  • Hardware (perangkat keras) yakni perangkat fisik yang ada dalam server yang terdapat komponen-komponen menyerupai montherborad, ram, power suplay, profesor, hardisk, dll.
  • Software (perangkat lunak) yakni sebuah perangkat perhiasan dari perangkat keras yang berfungsi untuk mengedalikan suatu kegiatan yang dibentuk dan sanggup digunakan untuk mengolah data, kemudian diolah menjadi suatu data informasi. Tanpa adanya Software maka kumpulan komponen-komponen komputer tidak sanggup berjalan.
  • Brainware (Operator) yakni kita sendiri yang mengoprasikan sebuah perangkat komputer menyerupai admin server.
Jenis Jenis Layanan Aplikasi Server

1. SSH Server (Remote Access)
SSH singkatan dari Secure Shell adalah sebuah protokol jaringan yang berfungsi untuk remote control dari jarak jauh, ssh memakai kriptografi untuk berkomunikasi data secara kondusif dan ter enkripsi. SSH juga menawarkan sebuah hak kanal khusus autentifikasi. Sebuah server untuk bisa diakses melalui jarak jauh maka membutuhkan yang namanya SSH Server. SSH berjalan pada protokol TCP dan port SSH Default yaitu 22.
2. NTP Server
NTP singkatan dari Network Time Protocol adalah sebuah protokol untuk meng-sinkronkan sistem waktu yang sempurna sesuali lokasi pada komputer server-client atau mentransmisikan paket isu waktu kepada komputer client yang meminta., melalui jaringan intranet atau internet. Dengan adanya NTP server maka user tidak usah mengatur waktu, lokasi yang ada sebab sudah ada ntp server sebagai peladen layanan. NTP berjalan pada protokol UDP memiliki port default 123.
3. Web Server
Web Server yakni sebuah protokol http dan https yang berfungsi untuk mentransfer berkas atas undangan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Web Server biasanya menyerupai sebuah halaman web yang terdiri atas berkas teks, gambar, video, dll. Dengan adanya Web Server maka kita bisa mengakses, membaca, memahami, dari sebuah konten pada aplikasi browser. Web Server terbentuk sebab adanya bahasa pemograman web. Protokol web server yaitu http memakai port 80 dan https memakai port 443. Web Server berjalan pada protokol TCP.
4. DHCP Server
DHCP singkaran dari Dynamic Host Configuration Protocol adalah sebuah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang digunakan untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal atau pulic yang tidak memakai DHCP harus menawarkan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal atau public, maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. 
5. DNS Server
DNS singkatan dari Domain Name Server adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk menerjemahkan nama-nama host (hostname) menjadi alamat IP atau sebaliknya sehingga nama sebuah host akan lebih gampang diingat oleh pengguna. DNS berfungsi untuk menawarkan isu perihal suatu host ke seluruh internet. Dengan adanya DNS maka lebih mudah  untuk menghapalkan kata-kata menyerupai www.teknowik.com dan www.blogger.com. Port Default 53. Cara kerja DNS ada 2 yaitu Forward yakni cara mengubah nama domain ke IP address di dalam DNS sedangkan Reverse yakni kebalikan dari forward yaitu cara mengubah IP address ke nama domain di dalam DNS.
6. FTP Server
FTP akronim dari File Transfer Protocol adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengirim data dan mendapatkan data. FTP memakai protokol TCP untuk komunikasi data antar sever dan clinet dan FTP memiliki port 21 dan 20. Port 21 sebagai pengirim dan Port 20 sebagai penerima. Dengan adanya FTP maka mempermudahkan dalam mentransfer file baik itu file kecil ataupun besar. Biasanya kita mengunduh file dan mendownload data pada internet itu memakai FTP.
7. Web Mail Server
Web Mail Server adalah sebuah aplikasi yang mendapatkan e-mail dari pengguna lokal (dari domain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet). Mail Server bisa mem-forward e-mail tersebut ke mail server lainnya untuk dikirim. Mail server itu menyerupai kantor pos. Pada jaman dahulu kita mengirim surat melalui kantor pas dengan adanya mail server maka kita bisa mengirim email secara online. Mail Server bertugas untuk mendapatkan e-mail memakai protokol POP atau IMAP. Untuk menciptakan mail server dibutukan paket install POP dan IMAP, sebab supaya Mail Server sanggup berfungsi dan berjalan bisa mengirim dan mendapatkan pesan email. Mail server diimplementasikan menyerupai Courier dan Dovecot. Dengan adanya Web Mail maka kita bisa mengirim pesan degan gampang melalui jaringan.
8. Proxy Server
Proxy Server adalah sebuah server atau kegiatan komputer yang berperan sebagai penghubung antara suatu jaringan lokal dengan jaringan internet. Dengan adanya Proxy Server maka  sanggup meningkatkan keamanan, menghemat bandwidth, dan juga sanggup memfilter paket-paket yang tidak diinginkan sangatlah penting untuk meningkatkan efisiensi keamanan jaringan. Proxy bekerja di tengah-tengah antara clinet dan internet yang memeriksa,mengizinkan semua paket yang lewat.
9. VoIP Sever
VoIP Server singkatan dari Voice Over Internet Protocol merupakan salah satu penggalan dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi bunyi melalui IP, menyerupai internet ataupun packet-switched networks. Dengan memakai VoIP, kita sanggup melaksanakan panggilan telepon melalui satu jaringan atau melalui koneksi internet public. VoIP biasanya di gunakan untuk melaksanakan panggilan ke orang lain yang memakai layanan yang sama, jikalau tidak sama maka VoIP tidak akan berjalan. VoIP juga ada yang sanggup melaksanakan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon nasional.
10. KVM Virtual Server
KVM merupakan virtual server ynag berfungsi untuk melaksanakan virtualisasi pada Linux dengan perangkat keras type x86 (64-bit). Membangun Server KVM harus membutukan hardware yang cantik baik itu ram, prosesor dan hardisk yang digunakan.
11. Streaming Server
Streaming Server yakni sebuah aplikasi yang terinstal di dalam sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara live. Streaming server bebentuk audio atau video secara terpisah dari web server yang kita jalankan. Sebagai tumpuan situs-situs layanan streaming server menyerupai video atau audio yakni Youtube, Radio Streaming, dll. Protokol yang digunakan streaming server yakni UDP (User Datagram Protocol), MMS (Microsoft Media Services), RTSP/RTP (Real Time Streaming Protocol/Realtime Transport Protocol), Unicast, dan Multicast.
12. Repository Server
Repository Server yakni sebuah daerah penyimpanan ratusan aplikasi atau kegiatan yang telah diatur sedemikian rupa dan tersedia untuk sanggup diakses melalui internet. Namun, repository tidak hanya sanggup diakses melalui internet saja melainkan bisa digunakan pada jaringna lokal dan  kita juga sanggup memakai alternatif repository lewat distribusi pada media lain menyerupai DVD yang didalamnya sudah terdapat paket  instalasi dari vendor yang membuatnya.
13. VPN Server
VPN Server adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk sanggup terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk sanggup bergabung dengan jaringan local. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama menyerupai halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun bahwasanya memakai jaringan milik public.Dengan memakai VPN maka kita akan lebih cepat, stabil dan kondusif terhubung ke internet.
14. Securing Web Server
Securing Web Server Protokol transfer hiperteks yakni versi kondusif dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ada 2 Protokol yang digunakan yaitu http dan https, http tidak kondusif digunakan untuk web sedangkan https sangat kondusif digunakan untuk situs web. Dengan menginstall Secure web server maka web server akan kondusif dan ter enkripsi data didalamnya.
15. Virtual Host
Virtual Host adalah sebuah cara yang berfungsi untuk mengatur banyak website atau URL di dalam satu mesin atau satu IP. Dengan mengunakan Virtual Host maka kita tidak usah menawarkan repot-repot dalam menambahkan url nama domain. Mengunakan Virtual Host maka menghemat biaya dan tidak usah membeli alamat ip public yang banyak.
16. Data Base Server
Database Server adalah sebuah kegiatan komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau kegiatan aplikasi basis data yang memakai komunikasi clien/server. Database yakni daerah untuk meletakkan file-file data baik itu data bahasa pemograman dan data-data penting yang diharapkan oleh sebuah website ataupun aplikasi.
17. Samba Server
Samba Server yakni salah satu kegiatan yang sanggup menjembatani kompleksitas banyak sekali platform system operasi Linux open source dengan Windows yang berjalan dalam satu segmen jaringan komputer. Dengan adanya samba server maka client akan gampang dalam mendapatkan file data dari server atau disebut Sharing File. Dan Samba Server bisa digunakan pada windows atapun linux. Bisanya samba server diinstall di sekolah, dan perusahaan untuk mengirim sebuah data yang besar.