Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ini Pengertian Dan Jenis-Jenis Waralaba Atau Franchise

Pengertian dan jenis waralaba atau franchise - Saat ini bisnis waralaba sudah cukup berkembang pesat. Banyak sekali jenis bisnis waralaba gres yang bermunculan. Seperti waralaba minuman, makanan, laundry, materi bakar, hingga waralaba pendidikan.

Berkembangnya bisnis waralaba ini juga dipengaruhi oleh tingkat kesadaran masyarakat. Banyak masyarakat kini yang ingin berwirausaha. Bisnis waralaba ini menjadi pilihan bagi mereka lantaran untuk menjalankan usaha, modal yang diharapkan tidak terlalu besar. Rata-rata hanya butuh modal sekitar 5-50 juta rupiah.

 Saat ini bisnis waralaba sudah cukup berkembang pesat Ternyata Ini Pengertian dan Jenis-Jenis Waralaba atau Franchise


Sebelum pembahasan yang lebih dalam perihal waralaba, tahukah kau apa pengertian waralaba? Apa juga jenis-jenis waralaba? Nah.. bagi kau yang belum tahu silakan baca artikel ini.

Pengertian Waralaba

Secara harfiah, waralaba sanggup diartikan sebagai hak untuk menjalankan sebuah perjuangan atau bisnis di kawasan yang telah ditentukan. Sedangkan secara historis, waralaba didefinisikan sebagai penjualan khusus suatu produk di kawasan tertentu dengan produsen menyampaikan training kepada perwakilan penjualan serta menyediakan produk info dan iklan, dan ia juga mengontrol perwakilan yang menjual produk di kawasan yang telah ditentukan. 


Dalam bahasa Inggris, waralaba artinya sama dengan franchise. Kadang kedua kata itu dipakai secara bersama-sama. Hal ini disebabkan keduanya tidak mempunyai perbedaan yang berati, kecuali dari segi bahasa saja. Kata franchise pertama kali dipakai pada 1851 oleh Isaac Singer, seorang seniman dan pengusaha dari Amerika. Tetapi istilah franchise itu sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti kejujuran atau kebebasan. 

Terdapat dua elemen penting yang menjadi pecahan utama sistem bisnis waralaba.

Franchisor

Yaitu pemilik atau produsen barang atau jasa yang telah mempunyai merek tertentu serta menyampaikan atau melisensikan hak pribadi kepada pihak lain sebagai pecahan dari seni administrasi pemasaran barang dan jasa yang diproduksi. Dalam bahasa Indonesia, kata franchisor sama artinya dengan kata pewaralaba.

Franchisee

Yaitu pihak yang mendapatkan hak pribadi dari franchisor untuk membuatkan merek usahanya di beberapa wilayah. Dalam bahasa Indonesia, franchisee sama artinya dengan terwaralaba.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Sejumlah pakar juga ikut menyampaikan definisi terhadap waralaba. 

Henry Campbell Black 

Dalam bukunya yang berjudul Black's Law Dict, menjelaskan bahwa waralaba merupakan sebuah lisensi merek dari pemilik yang mengizinkan orang lain untuk menjual produk atau jasa atas nama brand tersebut.

David J. Kaufmann

Seorang pengacara terkemuka dari New York, mendefinisikan waralaba sebagai sebuah sistem pemasaran dan distribusi yang dijalankan oleh institusi kecil yang digaransi dengan membayar sejumlah fee, dengan standar operasi yang mapan di bawah franchisor.

Reitzel, Lyden, dan Robert & Severance

Waralaba diartikan sebagai sebuah kontrak atas barang intangible atau tidak sanggup diraba yang dimiliki oleh franchisor, ibarat brand yang diberikan kepada orang lain untuk dipakai dan dimanfaatkan dalam sebuah perjuangan sesuai dengan teritori yang telah disepakati.

Dr. Martin Mendelssohn

Pakar waralaba dari USA menyampaikan format bisnis waralaba yaitu modal izin dari suatu pihak kepada pihak lain dan biasanya mensyaratkan franchisee (terwaralaba) untuk mengadakan bisnis di bawah nama dagang franchisor.

V. Winarto 

Waralaba yaitu hubungan kemitraan pengusaha yang usahanya berpengaruh dan sukses dengan pengusaha yang relatif gres dan belum mempunyai posisi yang kuat. Dengan saling menguntungkan satu sama lain khususnya dalam bidang perjuangan penyediaan produk dan jasa langsung kepada konsumen.

Jenis-Jenis Franchise atau Waralaba 

Saat ini, sistem waralaba yang berkembang pesat di negara-negara industri maju yaitu waralaba ritel maupun waralaba rumah makan siap saji. Begitu pula yang terjadi di negara berkembang ibarat Indonesia. Berikut yaitu jenis-jenis waralaba yang dibedakan dalam beberapa kategori. 


Berdasarkan kriteria yang digunakan, kita sanggup mengategorikan waralaba ke dalam bidang-bidang tertentu. Secara umum, kita sanggup membedakan antara waralaba industrial dan waralaba komersial.

1. Waralaba Industrial

Waralaba industrial yaitu suatu bentuk kolaborasi wirausaha antarpengusaha (manufacturer). Makara franchisor yaitu pemilik sistem manufacture dan/atau brevet eksklusif. Di sini pewaralaba menyampaikan hak kepada pengusaha lainnya untuk mengeksploitasi sistem manufacture dan/atau brevet pribadi untuk dioperasikan di wilayah terbatas. 

Semua sarana yang diberikan pewaralaba akan memungkinkan terwaralaba melaksanakan bisnis perjuangan yang sama dengan pewaralaba, yaitu dengan mengopi formula dan metodologi yang tentunya sudah teruji. Namun, peawaralaba tidak menyerahkan intergalitas mekanisme produksi secara menyeluruh.

2. Waralaba Komersial

Warlaba komersial dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu waralaba distribusi produk, distribusi jasa, dan waralaba mix. 

Waralaba distribusi produk bertujuan untuk mengomersialisasikan stau atau beberapa produk yang biasanya diproduksi atau didistribusikan oleh pewaralaba secara eksklusif.

Waralaba distribusi jasa mempunyai objek perusahaan yang terdiri dari satu atau kesatuan jasa, yang dikomersialkan oleh terwaralaba menurut metodologi yang ia terimadari pewaralaba. Jenis waralaba ini membutuhkan kontrol yang cukup ketat dari pewaralaba biar kualitas servis yang memuaskan tercapai dan terjaga. 

Sedangkan waralaba mix merupakan franchise yang mempunyai objek komersialisasi berupa adonan antara produk dan jasa.

Berdasarkan formatnya, waralaba terbagi menjadi dua macam berikut ini.

1. Waralaba Produk dan Merek Dagang

Waralaba jenis ini yaitu pertolongan hak izin dan pengelolaan dari franchisor kepada akseptor waralaba untuk menjual produk dengan memakai merek dagang dalam bentuk keagenan, distributor, atau lisensi penjualan. Franchisor membantu franchisee dalam menentukan lokasi yang baik dan aman, serta menyediakan jasa untuk membantu mengambil keputusan antara 'jadi' atau "tidak jadi".

2. Waralaba Format Bisnis

Waralaba jenis ini yaitu sistem waralaba yang tidak hanya menyampaikan merek dagang dan logo, tetapi juga sistem yang lengkap dan komprehensif perihal tata cara menjalankan bisnis. Jenis waralaba yang banyak berkembang di Indonesia ketika ini yaitu jenis waralaba format bisnis.

Selain jenis-jenis waralaba di atas, kita sanggup membagi lagi waralab menjadi beberapa maca menurut macam produk dan jasa yang ditawarkan.

  • Waralaba bidang properti dan produk
  • Waralaba bidang hiburan
  • Waralaba bidang masakan dan minuman
  • Waralaba bidang teknologi informasi
  • Waralaba bidang kesehatan dan kecantikan
  • Waralaba bidang kurir
  • Waralaba bidang konsultan dan pelatihan
  • Waralaba bidang laundry
  • Waralaba bidang otomotif
  • Waralaba bidang pendidikan
  • Waralaba bidang printing
  • Waralaba bidang ritel
  • dan lainnya...

Kesimpulan

Waralaba yaitu hubungan kemitraan pengusaha yang usahanya berpengaruh dan sukses dengan pengusaha yang relatif gres dan belum mempunyai posisi yang kuat. Dengan saling menguntungkan satu sama lain khususnya dalam bidang perjuangan penyediaan produk dan jasa langsung kepada konsumen.

Jenis-jenis waralaba menurut kriteria yang dipakai dibedakan menjadi dua yaitu waralaba industrial dan waralaba komersial. Sedangkan waralaba menurut formatnya dibagi menjadi waralaba produk dan merek dagang dan waralaba format bisnis. 

Makara itulah pembahasan perihal pengertian waralaba atau franchise dan jenis-jenis waralaba atau franchise. Terima kasih sudah berkunjung. Kunjungi juga artikel menarik lainnya ya...

Sumber https://rumahjendelakita.blogspot.com/